Dwi Erlyna, Dewi (2021) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PDAM TIRTA DHARMA PONOROGO TAHUN 2017 – 2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan suatu unit usaha milik daerah, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. Pengukuran kinerja ialah suatu hal yang sangat penting bagi suatu unit bisnis.Selama ini pengukuran kinerja yang sering digunakan ialah pengukuran kinerja yang hanya mengukur kinerja keuangan, tidak dapat menggambarkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.Adanya kekurangan tersebut, maka diciptakan suatu metode pengukuran kinerja yaitu Balanced Scorecard.Pengukuran ini ada empat perspektif yaitu : perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kinerja PDAM Tirta Dharma Ponorogo tahun 2017 sampai tahun 2019 saat diukur menggunakan Balanced Scorecard.Data yang digunakan ialah data sekunder dan data primer. Metode pengambilan data meliputi dokumentasi dan kuesioner.Analisis kinerja menggunakan metode Balanced Scorecardyang dinilai dari 4 perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian pada perspektif keuangan menunjukkan kinerja PDAM Tirta Dharma Ponorogo termasuk dalam kategori cukup baik.Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis rasio profitabilitasnya yang mengalami peningkatan selama periode penelitian.Berdasarkan perspektif pelanggan menunjukkan kinerja PDAM Tirta Dharma Ponorogo termasuk dalam kategori baik.Hal tersebut dilihat dari hasil kuesioner pelanggan rata - rata menjawab puas dengan kinerja PDAM. Hasil dari perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja PDAM Tirta Dharma Ponorogo termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut dilihat selama penelitian kinerja operasi PDAM mengalami kenaikan dan berada diatas standar ideal yang ditetapkan.Berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja PDAM Tirta Dharma Ponorogo termasuk dalam kategori baik.Hal tersebut ditunjukkan dari hasil kuesioner karyawan yang rata – rata jawaban karyawan puas dengan bekerja pada PDAM Tirta Dharma Ponorogo.Hasil dari kinerja keseluruhan PDAM Tirta Dharma Ponorogo yaitu dari perspektif keuangan, pelanggan, perspektif proses bisnis internal,perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mendapat skor total 0,75. Artinya kinerja PDAM Tirta Dharma Ponorogo secara umum masuk dalam kategori baik apabila diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecard, Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 04:55 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 04:55 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6587 |
Actions (login required)
View Item |