IMPLEMENTASI MEDIA “BOSANG” UNTUK MENGASAH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Kristiana, Dian (2018) IMPLEMENTASI MEDIA “BOSANG” UNTUK MENGASAH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI. Jurnal Silogisme Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3 (1). ISSN ISSN 2548-7809 (Online) ISSN 2527-6182 (Print)

[img] Text
2 IMPLEMENTASI MEDIA “BOSANG” UNTUK MENGASAH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
2 CEK IMPLEMENTASI MEDIA “BOSANG” UNTUK MENGASAH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 PR Implementasi Media.pdf

Download (558kB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/arti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak implementasi media “bosang” dalam mengasah kecerdasan logika matematika. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelompok B BA Aisyiyah Ronowijayan Ponorogo. Untuk mendapatkan data yang valid dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman dimana terdapat tiga komponen utama yang harus benar-benar dipahami yaitu reduksi data (reduction data), penyajian data (display data),dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian implementasi media bosang untuk mengasah kecerdasan logika matematika di BA Ronowijayan Ponorogo dilakukan dalam tiga pertemuan dengan menggunakan 3 macam media bosang. Pada pertemuan pertama menggunakan media bosang transportasi. Pertemuan kedua menggunakan media bosang logika dan pertemuan terakhir menggunakan media lantai atau puzle karpet. Melalui implementasi media bosang ini, dari 15 indikator kecerdasan logika matematika yang ada sudah bisa diterapkan ada 13 indikator yaitu mengidentifikasi warna benda – benda di sekitarnya, memasangkan gambar benda dengan fungsi/kegunaannya, mengidentifikasi arah, memberi perhatian terhadap sesuatu disekitarnya, pemahaman konsep objek yang telah ditetapkan, pemahaman konsep persahabatan, menjelaskan waktu dalam rentang seminggu, merencanakan masa depan, membedakan bentuk, mengurutkan benda berdasarkan ukuran, warna, jenis permukaan dengan pola tertentu. Menghitung angka satuan, mengidentifikasi bentuk-bentuk geometri dalam satu benda serta menentukan ukuran benda yang ada disekitarnya.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:45
Last Modified: 08 Jun 2022 02:45
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item