Maisaroh, Lutfi (2021) PENGARUH PENGETAHUAN, KESADARAN, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK HIBURAN DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA MADIUN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (50MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kepatuhan Wajib Pajak merupakan suatu keadaan dimana wajib pajak memenuhi semua hak dan kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Manfaat dari pembayaran pajak secara teratur dari wajib pajak yaitu pemasukan daerah yang didapat dari pajak akan terus stabil. Hal tersebut akan berdampak pada pembangunan daerah yang berjalan dengan lancer. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan, kesaadran, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak hiburan di Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak hiburan yang terdaftar di BAPENDA Kota Madiun. Pengumpulan data digunakan dengan cara membagikan kuesioner kepada 38 responden dan kuesioner yang disebar 100% kembali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik tempat hiburan di Kota Madiun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan uji parsial, uji simultan, dan uji determinasi. Hasil dalam Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Pengetahuan, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Baik secara parsial maupun secara simultan. Secara parsial hasil dari hipotesis pertama menunjukkan bahwa pengetahuan wajib pajak berpengaruh tehadap kepatuhan wajib pajak. Semakin tingginya pengetahuan wajib pajak tentang pentingnya perpajakan maka akan semakin meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Hipotesis kedua dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Semakin tinggi kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak maka akan semakin meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Hipotesis ketiga dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Semakin baik dan berkualitasnya pelayanan yang diberikan petugas pajak kepada wajib pajak maka akan semakin meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Hipotesis keempat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Semakin tegas sanksi yang diberikan kepada wajib pajak maka akan semakin meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Secara simultan hipotesis kelima menunjukkan bahwa pengetahuan, kesadaran, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Apabila pengetahuan, kesadaran, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak telah terlaksana serta berjalan dengan baik maka kepatuhan wajib pajak akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 04:43 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 04:43 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6616 |
Actions (login required)
View Item |