ANALISIS TEKS LAGU RELIGI“BILA TIBA” BAND UNGU (Studi Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk Tentang Nilai Religiusitas Band Ungu Pada Lagu “Bila Tiba”)

SAPUTRA, EDI (2014) ANALISIS TEKS LAGU RELIGI“BILA TIBA” BAND UNGU (Studi Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk Tentang Nilai Religiusitas Band Ungu Pada Lagu “Bila Tiba”). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Edi Saputra, Studi Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk Tentang Nilai Religiusitas Band Ungu Pada Lagu Bila Tiba. Hakikatnya pada sebuah lagu terdapat suatu nilai-nilai tertentu yang akan menempatkan lagu tersebut dikalangan penikmatnya. Nilai-nilai tersebut tertuang dalam kata-kata yang didendangkan dalam irama didalamnya. Melalui dasar itu peneliti mencoba mengupas kaitan lagu Bila Tiba dengan Nilai Religitas Band Ungu. Tentunya dengan mengacu pada aspek-aspek lainnya seperti riwayat, biografi, serta pemberitaan publik dari Band Ungu itu sendiri. Nilai religius pada lirik atau teks lagu Bila Tiba tersebut akan serta merta menjadi acuan tingkat religius pengarang dengan dikuatkan oleh aspek lain yang telah tersebut diatas. Dalam penelitian ini dimana peneliti menggunakan metode model wacana kritis milik van Dijk, tujuannya adalah menarik kesimpulan dari Band Ungu melalui analisa teks dari lirik atau teks lagu Bila Tiba, analisa kognisi sosial masing-masing personil dari lirik teks lagu Bila Tiba dengan acuan biografi dan riwayat hidup mereka, dan analisa konteks dimana melihat citra Band Ungu dimata masyarakat melalui pemberitaan publik yang dikemas oleh media. Sehingga melalui ketiga dimensi tersebut akan terlihat dimana Band Ungu ini merupakan Band Religi atau bukan. Melalui analisa teks nanti akan dikupas makna dari teks atau lirik lagu Bila Tiba dengan berdasarkan referensi dan literatur sehingga dapat diketahui makna keseluruhan dari teks atau lirik lagu Bila Tiba tersebut mengacu pada nilai religius ataupun tidak. Sedangkan dari analisa kognisi sosial akan digali pemikiran dalam penciptaan lagu Bila Tiba ini melalui biografi pencipta, riwayatnya juga melalui pemberitaan publik sehingga ideologi dalam penciptaan lagu Bila Tiba ini bisa diungkap. Kemudian dari analisa konteks sosial yaitu dimana Ungu dalam pandangan masyarakat ini dilihat dari penampilan, pemberitaan, juga segala sapek yang dapat diketahui oleh masyarakat secara luas tentang Band Ungu ini. Dari analisa-analisa tersebut akan dapat disimpulkan secara keseluruhan identitas dan karakter Band Ungu yang tentunya dilihat dari aspek-aspek personilnya apakah band tersebut merupakan band yang religius atau sekedar band yang komersil. Atau bahkan Band Ungu ini merupakan band yang komersil akan tetapi masih memakai pemahaman religius dalam penciptaan lagu-lagu mereka. Kata Kunci : Analisis Wacana; Religiusitas; Lagu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ayu Wulansari
Date Deposited: 09 Dec 2014 03:53
Last Modified: 09 Dec 2014 03:53
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item View Item