KUALITAS PELAYANAN PELAKSANAAN AKAD NIKAH DI KUA KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO

WISNU SANJAYA, RHAMADHAN (2014) KUALITAS PELAYANAN PELAKSANAAN AKAD NIKAH DI KUA KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
KUALITAS PELAYANAN PELAKSANAAN AKAD NIKAH DIKECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (722kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pelaksanaan akad nikah di KUA Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Jenis Penelitian ini adalah deskrisptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pegawai di KUA Kecamatan Mlarak sebanyak 7 orang dan seluruh pemohon jumlah pelayanan pelaksanaan akad nikah di KUA Mlarak pada bulan Agustus 2013 – April 2014 yang berjumlah 143 orang. Dalam penentuan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 10 orang,2 orang yang berasal dari pegawai KUA Mlarak dan 8 orang dari masyarakat pengguna layanan akad nikah KUA Mlarak. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Tehnik analisa data yakni mendeskripsikan hasil penelitian atau data dengan wujud apa yang didapatkan penulis baik itu hasil wawancara, atau hasil dokumentasi baik secara lisan maupun tulisan kemudian diteliti dan dipelajari dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa secara umum kualitas pelayanan pelaksanaan akad nikah dinilai kurang berjalan dengan baik. Kinerja pegawai KUA Mlarak sangat dipengaruhi oleh kualitas SDM pegawai, sarana dan prasarana penunjang operasional kegiatan serta dana yang tersedia, hal tersebut dibuktikan dengan lima dimensi kualitas pelayanan seperti Keandalan:Adanya ketidaksamaan biaya pelayanan antara dibalai dan non balai KUA. Daya Tanggap:para pegawai sudah merespon kepentingan masyarakat dengan cukup baik meskipun dalam praktiknya masih sedikit para pegawai yang mengabaikan kepentingan masyarakat dalam masalah pelayanan administrasi (tidak perhatian personal) hal tersebut dikarenakan jumlah pegawai sangat terbatas dalam hal pelayanan administrasi. Jaminan: Kemampuan ( ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh pegawai KUA sudah cukup baik. Selain itu para pegawai tergolong sangat sopan dan ramah kepada setiap pengguna layanan administrasi akad nikah di Kantor KUA Kecamatan Mlarak,.Empati akses lokasi keberadaan KUA di Kecamatan Mlarak di nilai sangat startegis hal tersebut di karenakan letak KUA bersebelahan dengan Kantor Kecamatan Mlarak. Dari segi waktu beroperasi pelayanan akad nikah dinilai kurang nyaman bagi sebagian masyarakat yang membutuhkan pelayanan di luar balai nikah.Bukti sarana dan prasana KUA belum cukup memadai khususnya di ruangan administrasi pendaftaran pelayanan akta nikah selain itu prasana kurang dirasakan di ruang ijab qobul, sempit, kurangnya ornament dekorasi yang modern, tempat duduk pengantin juga sudah mulai rusak, serta tempat/ ruangan untuk menjamu para tamu mempelai juga tidak ada hal tersebut dirasa tidak memberi kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan ijab qobul di Balai KUA Kecamatan Mlarak. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Akad Nikah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Government Science
Depositing User: Editor FISIP
Date Deposited: 09 Dec 2014 03:58
Last Modified: 18 Nov 2021 12:53
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item