Choirunnisa, Rizky (2021) Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah 6 Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Keputusan Unggah Karya Ilmiah)
1. Surat Keputusan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (307kB) |
|
Text (Halaman Depan)
2. Halaman Depan.pdf Download (7MB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf Download (671kB) |
|
Text (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan penting bagi keberadaan manusia karena memperluas perspektif intelektual dan spiritual. Pendidikan sangat penting tidak hanya untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik atau tubuh manusia, tetapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangan spiritual. Pendidikan harus dimulai sejak usia muda, karena dapat digunakan sebagai cara hidup sampai seseorang mencapai usia tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan menghafal al-Qur’an siswa MI Muhammadiyah 6 Ponorogo terhadap konsengrasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif, dengan jumlah populasi 96 siswa dan sampel 30 siswa yang menerapkan hafalan Al-Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Analisis Prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan anatara kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan konsentrasi belajar siswa kelas IV,V dan VI MI Muhammadiyah 6 Ponorogo. Hal ini dilihat dari nilai konstanta sebesar 16,987 dan nilai koefisien regresi kemampuan menghafal sebesar 0,755. Dengan persamaan regresi yaitu Y = 16,987 + 0,755X, diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 34,6% ditentukan oleh kemampuan menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menghafal, Al-Qur’an, Konsentrasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 17 Aug 2021 13:31 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:29 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6792 |
Actions (login required)
View Item |