ROCHHAYATUN , AZHARI (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIFITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIA MTS. AS SALAM SOOKO TAHUN AJARAN 2013/2014. Artikel thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (155kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (645kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (479kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (602kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) |
||
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (550kB) | Preview |
Abstract
Azhari, Rochhayatun. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match (ICM) untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktifitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIIA MTs. As Salam Sooko. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing Erika Eka Santi, M.Si. Kata Kunci: Index Card Match, Aktifitas, Prestasi Belajar. Peran guru dalam pembelajaran sangatlah penting, guru hendaknya mampu menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat memacu siswa untuk belajar mandiri, kreatif, aktif, dan daya saing yang sehat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs. As Salam Sooko tahun ajaran 2013/ 2014 sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan aktifitas belajar matematika siswa kelas VIII MTs Ma’arif Sukosari tahun pelajaran 2013/ 2014? (2) Apakah model pembelajaran Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIA MTs. As Salam Sooko tahun pelajaran 2013/ 2014? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIA MTs MTs. As Salam Sooko tahun ajaran 2013/ 2014 melalui penerapan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) pada materi faktorisasi aljabar. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 4 pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa tes formatif 1, tes formatif 2, lembar observasi. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan aktifitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA MTs. As Salam Sooko mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar diketahui dari nilai tes formatif, sedangkan aktifitas berdasarkan observasi aktifitas siswa. Persentase ketuntasan klasikal siswa meningkat sebesar 22% dari siklus I ke siklus II sedangkan persentase rata-rata keaktifan siswa dari siklus I sebesar 57,59 % dengan kategori sedang, meningkat menjadi 75,22% pada siklus II dengan kategori aktifitasnya adalah tinggi, dengan peningkatan sebesar 17,63%.
Item Type: | Thesis (Artikel) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 28 Mar 2014 04:16 |
Last Modified: | 28 Mar 2014 04:16 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/68 |
Actions (login required)
View Item |