ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM REBRANDING RUMAH SAKIT IBU & ANAK MUSLIMAT AHMAD YANI MENJADI RUMAH SAKIT UMUM MUSLIMAT PONOROGO

Dianda Putri, Alievia (2021) ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM REBRANDING RUMAH SAKIT IBU & ANAK MUSLIMAT AHMAD YANI MENJADI RUMAH SAKIT UMUM MUSLIMAT PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT KEPUTUSAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (337kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPANN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (470kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (809kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Public Relations dari perubahan brand awal Rumah Sakit Ibu & Anak Muslimat “Ahmad Yani” menjadi Rumah Sakit Umum Muslimat Ponorogo membuat pihak manajemen mensosialisasikan kepada masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses rebranding yang dilakukan oleh Rumah Sakit Ibu & Anak Muslimat “Ahmad Yani” ini berjalan cukup lancar dengan melalui beberapa tahapan rebranding. Dari pengumpulan data tersebut, diperoleh hasil bahwa Rumah Sakit Ibu & Anak Muslimat “A. Yani” telah melaksanakan model perencanaan dari Ronald D. Smith yang biasa disebut dengan “The Nine Steps of Strategic Public Relations” untuk menganalisis. Adapun langkah yang dilakukan dimulai dengan riset formatif, strategi, taktik dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dinilai paling efektif ialah publications yang menggunakan media promosi cetak seperti brosur, flyer, koran dan radio. Kemudian media internet seperti website dan media sosial. Sementara strategi yang kurang efektif adalah corporate social responsibilitiy karena program ini dilaksanakan belum rutin atau sustainable. Kata Kunci: Rebranding, Strategi, Public Relations

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Rebranding, Strategi, Public Relations
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: fisip . userfisip
Date Deposited: 19 Aug 2021 03:55
Last Modified: 19 Aug 2021 03:56
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6812

Actions (login required)

View Item View Item