PENGGUNAAN BATANG NAPIER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA

Darwan, Darwan (2021) PENGGUNAAN BATANG NAPIER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (136kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

DARWAN. Penggunaan Batang Bapier untuk Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan number sense siswa melalui penggunaan batang napier. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Ponorogo yang dipilih berdasarkan rekomendasi wali kelasnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes dan catatan lapangan. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data pada saat pembelajaran, tes digunakan unutk mengukur kemampuan capaian number sense yang berupa tes tertulis, catatan lapangan digunakan untuk mengamati aktivitas siswa saat pembelajaran yang indikatornya tidak termuat pada lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dana pengambilan kesimpulan/verifikasi Hasil penelitian yang menunjukan adanya peningkatan kemampuan number sense siswa melalui penggunaan batang napier baik berdasarkan hasil tes maupun observasi pada siklu I sampai siklus II. Pada siklus I hasil yang peroleh berdasarkan tes akhir masing-masing MMN skor nilai 72, QRA skor nilai 81 dan ATK 80, kemudian pada siklus II meningkat menjadi MMN skor nilai 100, QRA skor nilai 100 dan ATK 100. Sehingga dengan demikian ketuntasan siswa dari 66,7% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II. Selain itu terjadi juga penigkatan hasil observasi siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari 79,79% pada siklus I meningkat menjadi 86,05% pada siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II sudah menjawab indikator keberhasilan yaitu nilai tes kemampuan number sense untuk semua siswa berdasarkan tes akhir minimal 80 menjadi 100. Selanjutnya aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil observasi mengalami peningkatan menjadi 86,05% atau berada pada ketagori baik dan persentase ketuntasan siswa dikatakan meningkat apabila terlihat adanya peningkatan ketuntasan siswa meningkat menjadi 100% atau berada pada kategori sangat baik. Dengan hasil tersebut semua indikator yang meliputi pemahaman terhadap nilai tempat, pemahaman terhadap perbandingan bilangan, pemahaman dan penerapan sifat komutatif, asosiatif dan distributif serta pengaplikasian dan pemilihan strategi yang berbeda dan efisien tercapai semuanya sehingga ketercapaian indikator number sense berhasil diwujudkan. Kata Kunci : number sense, perkalian bilangan, batang napier

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: number sense, perkalian bilangan, batang napier
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 18 Aug 2021 14:29
Last Modified: 18 Aug 2021 14:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6813

Actions (login required)

View Item View Item