Intan Pawestri Dian, Elly (2021) PROSEDUR PENYALURAN KREDIT DENGAN SLIK ( sISTEM LAYANAN INFORMASI KEUANGAN) DAN PERAN SLIK TERHADAP PENURUNAN KREDIT MACET PADA PT. BPR ASWAJA PONOROGO. Tugas Akhir (D3) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT KEPUTUSAN UNGGAH KARYA)
Surat Keputusan Unggah Karya Ilmiah Elly.pdf Download (313kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN TUGAS AKHIR ELLY)
COVER ELLY 2.pdf Download (739kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I ELLY .pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II ELLY.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III ELLY.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV ELLY.pdf Download (861kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V ELLY.pdf Download (154kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ELLY.pdf Download (223kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN ELLY.pdf Download (1MB) |
|
Text (SURAT PERSETUJUAN ELLY)
surat persetujuan elly.pdf Download (50kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur penyaluran kredit dengan SLIK pada PT. BPR Aswaja Ponorogo menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data berupa wawancara, formulir SLIK, Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK), SOP Perkreditan, serta laporan keuangan OJK. Hasil penelitian ini menunjukkan prosedur penyaluran kredit merupakan langkah-langkah yang harus dilalui dalam penyaluran kredit. PT. BPR Aswaja Ponorogo menerapkan prosedur penyaluran kredit dengan memegang prinsip prudential banking (kehati-hatian) dengan menerapkan 5C (Charakter , Capacity, Condition , Capital , Colateral). Dalam mendukung hal tersebut PT. BPR Aswaja Ponorogo memanfaatkan keefektifan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) sebagai penyedia informasi debitur untuk bahan analisis kredit untuk meningkatkan kehati-hatian PBR dalam prosedur penyaluran kredit. Hal ini sesuai dengan SOP perkreditan yang telah ditetapkan oleh PT. BPR Aswaja Ponorogo. Sejak diterapkannya SLIK dalam prosedur penyaluran kredit, PT. BPR Aswaja Ponorogo mengalami penurunan NPL (Non Performing Loan) sebagai indikator penurunan masalah kredit macet dan meningkatnya kualitas penyaluran kredit. Dengan demikian, PT. BPR Aswaja Ponorogo telah melaksankan prosedur penyaluran kredit berdasarkan pada SOP perkreditan dengan memegang prinsip prudential banking (kehati-hatian).
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosedur penyaluran kredit, SLIK, Kredit macet |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Faculty of Economic |
Depositing User: | fe . userfe |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 02:29 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:47 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6882 |
Actions (login required)
View Item |