KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE ACCELERATED LEARNING MODEL MASTER DAN METODE CERAMAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KAUMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2013/2014

ENIK , SULASTRI (2014) KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE ACCELERATED LEARNING MODEL MASTER DAN METODE CERAMAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KAUMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. Artikel thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Skripsi Enik Sulastri 09321214.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (9MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Sulastri, Enik. 2014. Komparasi Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Diajar dengan Metode Accelerated Learning Model MASTER dan Metode Ceramah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Drs. Jumadi, M.Pd. Kata Kunci: Accelerated Learning, Model MASTER, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X yang diajar dengan metode pembelajaran Accelerated Learning model MASTER dan metode ceramah di SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo. Ada 2 masalah yang akan dibahas didalam penelitian ini. 1) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan metode Accelerated Learning model MASTER dan siswa yang diajar dengan metode ceramah?. Apakah respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode Accelerated Learning model MASTER termasuk dalam kategori baik? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian adalah post-test only control design. Penelitian ini adalah penelitian terhadap populasi yang terdiri dari seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 112 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling, sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen yang akan diberikan metode pembelajaran Accelerated Learning model MASTER dan XB sebagai kelas kontrol yang akan diberikan metode ceramah yang masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar yang berupa post-test. Analisis data perbedaan hasil belajar menggunakan uji t (independent sample test) dengan tes satu sisi atas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Accelerated Learning model MASTER memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan metode ceramah. Nilai rata-rata post-test pada metode pembelajaran Accelerated Learning model MASTER adalah 75,0357sedangkan model pembelajaran ceramah rata-rata nilai post-testnya adalah 66,214. Hasil output SPSS untuk uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan nilai t dengan equal variances assumed sebesar 3,803 dan nilai Sig.(2-tailed) = 0.000. Karena menggunakan uji hipotesis satu sisi, maka nilai Sig.(2-tailed) harus dibagi dua menjadi 0.000/2 = 0.000. Karena Sig.(2-tailed) < α=0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Accelerated Learning model MASTER lebih baik daripada siswa yang diajar dengan metode ceramah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kauman Ponorogo. Rata-rata prosentase hasil angket respon siswa terhadap metode Accelerated Learning model MASTER sebesar 67%. Nilai ini diinterpretasikan dalam kriteria kebaikan termasuk kategori respon yang baik.

Item Type: Thesis (Artikel)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 28 Mar 2014 04:21
Last Modified: 28 Mar 2014 04:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item