UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA MENGGUNAKAN MEDIA FUN LEARNING MAT PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 10 YANGGONG

Atin, Sri (2021) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA RAGAM KRAMA MENGGUNAKAN MEDIA FUN LEARNING MAT PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 10 YANGGONG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH SKRIPSI)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH SKRIPSI.pdf

Download (251kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1.1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (735kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf

Download (364kB)
[img] Text (BAB 2)
3. BAB 2.pdf

Download (481kB)
[img] Text (BAB 3)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Atin, Sri, 2021. Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Ragam Krama Menggunakan Media Fun Learning Mat Pada Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Yanggong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I Dr. M. Zainal Arif, M.A., Pembimbing II Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I. Kata Kunci: Bahasa Jawa, Keterampilan Berbicara, fun learning mat Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang dihadapi dalam keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam Krama siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Yanggong masih rendah. Kosakata krama yang diketahui siswa masih sedikit, sehingga menjadikan mereka kurang percaya diri dalam menggunakan bahasa krama. Siswa lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia ketika berkomunikasi dengan Bapak/Ibu guru di sekolah. Dan belum pernah ada penelitian sebelumnya yang menggunakan media Fun Learning Mat. Hal inilah yang memotivasi peneliti untuk melaksanakan penelitian menggunakan media fun learning mat pada keterampilan berbicara ragam krama. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui penggunaan media fun learning mat pada keterampilan berbicara ragam krama serta untuk mengetahui apakah ada peningkatan pada keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama di MI Muhammadiyah 10 Yanggong melalui media fun learning mat serta Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V dan guru bahasa Jawa di MI Muhammadiyah 10 Yanggong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu 74.68. Pada siklus II nilai rata -rata siswa meningkat menjadi 78.31 dengan prosentase ketuntasan siswa 81.25% sebanyak 13 siswa dan siswa yang tidak tuntas mencapai 18.75% sebanyak 3 siswa. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata siswa mencapai 87.50% sebanyak 14 siswa dan siswa yang tidak tuntas mencapai 12.50% sebanyak 2 siswa. Dengan demikian nilai rata -rata siswa mengalami peningkatan sebesar 8.91% begitu pula pada ketuntasan belajar pada keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama mengalami peningkatan sebesar 31.25%. Dengan berakhirnya pelaksanaan siklus III, menandakan tidak ada pengulangan pada siklus selanjutnya. Karena nilai capaian siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh madrasah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media fun learning mat dalam upaya peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama telah berhasil. Dengan prosentase ketuntasan klasikal 87.50 %

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jawa, Keterampilan Berbicara, Fun Learning Mat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:54
Last Modified: 02 Nov 2021 01:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6927

Actions (login required)

View Item View Item