MANAJEMEN MARKETING SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL JETIS PONOROGO

Riza Maulana, Achmad (2021) MANAJEMEN MARKETING SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL JETIS PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah ( Riza ).pdf

Download (561kB)
[img] Text (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN SKRIPSI Riza Go Wisuda.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Bab I PENDAHULUAN)
Skripsi BAB I-V Riza FAI-1-10.pdf

Download (596kB)
[img] Text (Skripsi BAB II TINJAUAN PUSTAKA & TEORI)
Skripsi BAB I-V Riza FAI-11-37.pdf

Download (552kB)
[img] Text (Skripsi BAB III METODE PENELITIAN)
Skripsi BAB I-V Riza FAI-38-45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN)
Skripsi BAB I-V Riza FAI-46-91.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
Skripsi BAB I-V Riza FAI-92-94.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi BAB I-V Riza FAI-95-97.pdf

Download (481kB)
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
TRANSKIP REKAMAN WAWANCARA TERBARU WISUDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen marketing atau pemasaran dalam sebuah lembaga pendidikan islam merupakan bagian yang sangat penting dalam proses meningkatkan kualitas dan kuantitas dari suatu sekolah. Manajemen marketing sekolah berbasis pesantren di Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo merupakan serangkaian aktifitas pemasaran yang ada di MBS Jetis Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen dalam konteks marketing sekolah yang telah diterapkan di Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo, karena dalam proses marketing tidak hanya sebatas kegiatan dalam rangka mendapatkan konsumen yang banyak, akan tetapi juga mampu menginovasikan berbagai program dan keunggulan yang ada di MBS Jetis Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan dalam proses pengumpulan datanya dilakukan dengan proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian manajemen marketing sekolah berbasis pesantren yang diterapkan di Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo tidak hanya sebatas mencari kualitas dan kuantitas, akan tetapi perlu adanya berbagai inovasi dan kreatifitas dalam membangun image MBS, sehingga dalam proses marketing MBS Jetis Ponorogo bisa memberikan kontribusi dan kepercayaan kepada seluruh elemen masyarakat. Adapun tahap manajemen marketing sekolah berbasis pesantren yang di terapkan di MBS Jetis Ponorogo antara lain sebagai berikut : (1) Perencanaan dengan membuat berbagai program maupun kegiatan yang akan dilaksnakan dalam proses mempromosikan MBS kepada seluruh elemen masyarakat. Berbagai kegiatan dan program telah direncanakan seperti, merumuskan segala bentuk aktifitas dan kegiatan marketing, memberdayakan sumber daya manusia yang ada MBS Jetis Ponorogo seperti, sosialisasi, promosi, publikasi dan berbagai kegiatan lainya yang memiliki jadwal dan teknis pelaksanaan yang berbeda. (2) Pengorganisasian yang bisa dilakukan yakni saling berkoordinasi dan berkomunikasi dengan cara membentuk pihak sekolah selain ada kepengurusan internal sekolah, juga membentuk pengurus / tim PSB dalam rangka menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang telah diberikan dari atasanya. (3) Pelaksanaan kegiatan atau program seperti, pembentukkan PSB, sosialisasi, promosi, publikasi dan kegiatan lainya bisa dilaksanakan secara luas melalui berbagai kegiatan sosial seperti kegiatan pengajian embun pagi, parenting wali santri dan memanfaatkan media sosial maupun media cetak, sehingga mampu menarik perhatian khalayak umum. (4) Pada tahap akhir tentu ada sebuah evaluasi dimana pihak sekolah dan tim PSB MBS Jetis Ponorogo saling memberikan masukkan dan saran mengenai program yang sudah maupun yang belum dilaksanakan, memberikan laporan kegiatan, dan apabila ada program yang sudah berjalan tentu ada sebuah kritik yang membangun guna memperbaiki program atau kegiatan ke depan agar jauh lebih baik, sedangkan ada program yang belum terlaksana perlu adanya diskusi lebih mendalam, sehingga akan menemukan titik solusi yang terbaik dalam merealisasikan berbagai program.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Marketing Sekolah, Berbasis Pesantren
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 25 Aug 2021 00:50
Last Modified: 21 Oct 2021 06:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6998

Actions (login required)

View Item View Item