Mifta Farid, Muhammad (2021) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI TAHFIZH TEMATIK HADITS DI SMP ELKISI MOJOKERTO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Karya Ilmiah.pdf Download (363kB) |
|
Text (Halaman Depan)
1. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
2. Bab 1.pdf Download (522kB) |
|
Text (Bab 2)
3. bab 2.pdf Download (690kB) |
|
Text (Bab 3)
4. bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
Text (Bab 4)
5. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) |
|
Text (Bab 5)
6. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar pustaka.pdf Download (509kB) |
|
Text (Lampiran)
8. transkip.pdf Download (2MB) |
Abstract
Muhammad Mifta Farid, 2021, Model Pendidikan Karakter Religius Melalui Tahfizh Tematik Hadits di SMP eLKISI Mojokerto Jawa Timur. Skripsi Progam Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Dosen Pembimbing (1) Drs. Rido Kurnianto, M.Ag (2) Rohmadi, M.PI. Kata Kunci: Pendidikan Karakter Religius, Tahfizh Tematik Hadits. Pendidikan karakter religius adalah proses penanaman nilai-nilai baik meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan serta perilaku tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai yang dipelajari. Dibutuhkan sebuah model yang menjadi acuan untuk membentuk konsep yang akan digunakan dalam pendidikan karakter religius. Penelitian ini bertujuan menemukan (1) Model Pendidikan Karakter Religius Melalui Tahfizh Tematik di SMP eLKISI, (2) Bentuk Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Tahfizh Tematik Hadits, dan (3) Implikasi Model Pendidikan Karakter Religius melalui tahfizh tematik hadits terhadap siswa. Penelitian kualitatif adalah metode yang dipakai peneliti, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif yang terdiri mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pendidikan karakter religius di SMP eLKISI meliputi 3 hal, yaitu melaksanakan sistem Boarding School, mengikuti kegiatan-kegiatan, dan memberikan motivasi. (2) Bentuk Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Tahfizh Tematik Hadits dilakukan oleh guru dengan menguasai tiga metode dasar yaitu Mulazamah, Istima’, dan haafalan. (3) Implikasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Tahfizh Tematik Hadits memberi dampak terhadap kepribadian siswa dalam beribadah, kedisplinan dalam berkegiatan, dan akhlaq dalam keseharian.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter Religius, Tahfizh Tematik Hadits. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 01:04 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:01 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7072 |
Actions (login required)
View Item |