FENOMENA CLICKBAIT JURNALISM PADA MEDIA ONLINE REDNEWS.CO.ID PADA PERIODE BULAN MARET 2021 SAMPAI JUNI 2021

Aji Prastyo, Bayu (2021) FENOMENA CLICKBAIT JURNALISM PADA MEDIA ONLINE REDNEWS.CO.ID PADA PERIODE BULAN MARET 2021 SAMPAI JUNI 2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (surat persetujuan unggah karya ilmiah)
surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (97kB)
[img] Text (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (800kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (bab 2)
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (bab 3)
BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text (bab 4)
BAB 4 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text (bab 5)
BAB 5 KESIMPULAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (467kB)

Abstract

ABSTRAK FENOMENA CLICKBAIT JURNALISM PADA MEDIA ONLINE REDNEWS.CO.ID BAYU AJI PRASTYO 17240579 Skripsi ini berjudul Fenomena Clickbait Jurnalism Pada Media Online Rednews.co.id . Dengan tujuan untuk mengetahui pelanggaran kode etik jurnalistik dan etika jurnalistik dalam penyampaian suatu pesan atau berita oleh media online rednews.co.id. clickbait atau umpan klik kini menjadi sebuah fenomena baru yang marak terjadi di media social. Clickbait biasanya dari judul atau headline dari sebuah pesan berbeda atau memiliki makna ganda. Setelah dilakukan analisis isi dalam periode bulan Maret sampai Juni terdapat beberapa judul atau headline yang memiliki makna ganda yang artinya terdapat unsur clickbait. Yang dimaksud memiliki makna ganda adalah dalam satu kata yang terdapat di judu pesan atau berita tersebut memiliki makna yang mempunyai arti ganda. Selain itu biasanya terdapat penghiberbolakan sebuah makna yang membuat penonton tertarik untuk mengunjungi laman tersebut. Biasanya tujuan dari seorang penulis yaitu untuk mendapatkan klik atau viwer yang banyak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis isi, dan sebelum melakukan analisis penulis melakukan wawancara langsung kepada piahak media untuk mengatahui apakah memang ada unsur clickbait dalam medianya. Dan setelah melakukan wawancara penulis Malakukan analisi, setalah dilakukan analisis dalam selang waktu 4 bulan terdapat 2 judul pesan atau berita yang memiliki unsur clickbait. Kata Kunci : Clickbait, Kode Etik Jurnalistik, Etika Jurnalistik

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Clickbait, Kode Etik Jurnalistik, Etika Jurnalistik
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science
Depositing User: fisip . userfisip
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:18
Last Modified: 21 Oct 2021 07:00
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7113

Actions (login required)

View Item View Item