ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA KELAS 3 DAN 5 DI MIN 2 PONOROGO

Ayu Widiawati, Prita (2021) ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA KELAS 3 DAN 5 DI MIN 2 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat_Persetujuan_Unggah_Karya_Bermaterai.pdf

Download (356kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (840kB)
[img] Text (BAB I)
BAB_1.pdf

Download (382kB)
[img] Text (BAB II)
BAB_2.pdf

Download (498kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text (BAB V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (796kB)

Abstract

PRITA AYU WIDIAWATI: Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Kelas 3 dan 5 Di MIN 2 Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan number sense yang dimiliki siswa kelas 3 MIN 2 Ponorogo, (2) mendeskripsikan kemampuan number sense yang dimiliki siswa kelas 5 MIN 2 Ponorogo, (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan number sense siswa antara kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo, (4) mendeskripsikan perbedaan kemampuan number sense antara siswa laki-laki dan siswa perempuan MIN 2 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu soal tes number sense (NST) yang diadopsi dari Jurnal McIntosh, B. Reys, R. Reys, Bana, dan Farrell (1997) dan pertanyaan-pertanyaan yang ada disesuaikan dengan materi kelas 3 dan 5 di MIN 2 Ponorogo. Data dianalisis secara statistika deskriptif yaitu mencari rata-rata, skor maksimal, range (skor terendah sampai skor tertinggi). Setelah dianalisis data tersebut dideskripsikan secara jelas agar mudah difahami. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan number sense yang dimiliki oleh siswa kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo. Ternyata hasil tes kemampuan number sense siswa kelas 3 adalah 74,5 dan hasil tes kemampuan number sense siswa kelas 5 adalah 65,2. Diperoleh hasil bahwa kemampuan number sense siswa kelas 3 lebih tinggi daripada kelas 5. Kedua kelas tersebut sama-sama tergolong cukup baik. Kemudian, terdapat perbedaan kemampuan number sense antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dari kedua kelas tersebut. Hasil tes kemampuan number sense siswa laki-laki diperoleh rata-rata sebesar 64,1 dan siswa perempuan memperoleh rata-rata sebesar 75,95. Diperoleh hasil bahwa kemampuan number sense siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan sama-sama tergolong cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: PRITA AYU WIDIAWATI: Analisis Kemampuan Number Sense Siswa Kelas 3 dan 5 Di MIN 2 Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan number sense yang dimiliki siswa kelas 3 MIN 2 Ponorogo, (2) mendeskripsikan kemampuan number sense yang dimiliki siswa kelas 5 MIN 2 Ponorogo, (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan number sense siswa antara kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo, (4) mendeskripsikan perbedaan kemampuan number sense antara siswa laki-laki dan siswa perempuan MIN 2 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu soal tes number sense (NST) yang diadopsi dari Jurnal McIntosh, B. Reys, R. Reys, Bana, dan Farrell (1997) dan pertanyaan-pertanyaan yang ada disesuaikan dengan materi kelas 3 dan 5 di MIN 2 Ponorogo. Data dianalisis secara statistika deskriptif yaitu mencari rata-rata, skor maksimal, range (skor terendah sampai skor tertinggi). Setelah dianalisis data tersebut dideskripsikan secara jelas agar mudah difahami. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan number sense yang dimiliki oleh siswa kelas 3 dan kelas 5 MIN 2 Ponorogo. Ternyata hasil tes kemampuan number sense siswa kelas 3 adalah 74,5 dan hasil tes kemampuan number sense siswa kelas 5 adalah 65,2. Diperoleh hasil bahwa kemampuan number sense siswa kelas 3 lebih tinggi daripada kelas 5. Kedua kelas tersebut sama-sama tergolong cukup baik. Kemudian, terdapat perbedaan kemampuan number sense antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dari kedua kelas tersebut. Hasil tes kemampuan number sense siswa laki-laki diperoleh rata-rata sebesar 64,1 dan siswa perempuan memperoleh rata-rata sebesar 75,95. Diperoleh hasil bahwa kemampuan number sense siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan sama-sama tergolong cukup baik. Kata Kunci: Number Sense, Konsep Bilangan, Perbandingan Kemampuan Number Sense.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 27 Aug 2021 00:34
Last Modified: 14 Oct 2021 06:49
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7140

Actions (login required)

View Item View Item