Pengaruh Rekonstruksi Profil Camshaft Mesin Astro 108 Cc Terhadap Torsi Dan Daya

Priyanto, Nur (2021) Pengaruh Rekonstruksi Profil Camshaft Mesin Astro 108 Cc Terhadap Torsi Dan Daya. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan ugahan karya ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UGAHAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (129kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (432kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (816kB)

Abstract

Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia dan di luar negeri pada saat ini. Terkadang performa mesin yang digunakan pada pengendara kurang maksimal dengan motor yang setandar maka ada beberapa sektor yang dapat dimodifikasi ulangsupaya meningkatkan performa mesin sepeda motor, salah satunya yang dapat dimodifikasi pada Camshaft bertujuan untuk mengubah tinggi bukaan katup (valve lift), tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tinggi lift katup, daya dan torsi.Dari hasil pengujian pada dynotest dapat diketahui Camshaft standar menghasilkan daya maksimal sebesar 6,9 HP pada kecepatan 4916 Rpm sedangkan torsi maksimalnya adalah 7,76 N.m pada keceptan 7969 Rpm. Camshaft dengan modifikasi 1 menghasilkan daya sebesar 7,9 HP pada kecepatan 8481 Rpm dan torsi maksimalnya 7,28 N.m di kecepatan 6844 Rpm. Camshaft modifikasi 2 menghasilkan daya sebesar 8,1 HP dengan kecepatan 8538 Rpm sedangkan torsi maksimalnya adalah 7,29 N.m dengan kecepatan 6973 Rpm. Dan camshaft modifikasi 3 daya yang dihasilkan adalah 8,4 HP di keceptan 8872 Rpm sedangakan torsi menghasilkan 7,23 N.m pada putaran 7085 Rpm. Daya terbaik yaitu pada Camshaft modifikasi 3 dengan daya 8,4 HP sedangkan torsi yang terbaik didapatkan pada Camshaft standar yaitu 7,76 N.m.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi Profil Camshaft standar, Daya dan Torsi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:22
Last Modified: 29 Oct 2021 01:49
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7186

Actions (login required)

View Item View Item