UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK / TONGKAT BERBICARA PADA SISWA KELAS VIIIA di MTs MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG PONOROGO TAHUN 2013/2014

ASTI PRASASTI, YOLANDA (2014) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK / TONGKAT BERBICARA PADA SISWA KELAS VIIIA di MTs MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG PONOROGO TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Metode Talking Stick / Tongkat Berbicara dan Motivasi Belajar Siswa. Di kelas VIIIA MTs Muhammadiyah 3 Ponorogo selama ini kurang motivasi belajar siswa masih sangat rendah. Dengan dibuktikannya kurangnya motivasi tersebut dalam pembelajaran, seperti perhatian, kedisiplinan, dan kemampuan menjawab. Siswa cenderung mengantuk saat guru hanya menggunakan metode ceramah, yang mengakibatkan kurangnya motivasi hingga rendahnya nilai pada mata pelajaran PKn. Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa salah satunya adalah dengan menggunakan metode Talking Stick / Tongkat Berbicara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIIIA di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo 2013/2014? 2). Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo Tahun 2014/2015. 2). Untuk mengetahui pelaksaan metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo Tahun 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan tindakan penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong. Sumber data yang berupa hasil pengamatan proses pembelajaran diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Proses yang diamati mencakup aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan aktivitas guru selama mengajar. Data motivasi diambil dengan menggunakan observasi dengan indikator-indikator motivasi diantaranya: Perhatian siswa, disiplin, dan kemampuan menjawab. Tes digunakan untuk mengambil data hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa ; Motivasi belajar PKn siswa MTs Muhammadiyah 3 Yanggong pada Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Prasiklus menunjukkan pada tingkatan motivasi yang rendah yang ditunjukkan dengan berbagai macam tingkah laku siswa yang menunjukkan kurangnya perhatian siswa dan minat siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Setelah dilaksanakan PTK yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe talking stick motivasi siswa mulai ada peningkatan di setiap siklus pembelajaran. Dari penelitian tindakan kelas, terdapat peningkatan hasil belajar pada kegiatan pra siklus prosentase ketuntasan hanya 6 siswa yang memenuhi ketuntasan, kemudian meningkat pada kegiatan Siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan 14 siswa. Kemudian prosentasi siswa yang memenuhi ketuntasan pada kegiatan siklus II menjadi 20 siswa. Dapat disimpulkan bahwa : motivasi belajar PKn pada siswa kelas VIIIA MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo tahun 2013/2014. Setelah dilaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang menggunakan metode pembelajaran Talking Stick/Tongkat Berbicara motivasi pembelajaran siswa mulai ada peningkatan di setiap siklus pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Dec 2014 03:28
Last Modified: 16 Dec 2014 03:28
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item