PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA KELAS X TKR 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

DWI PRASASTI, NENY (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA KELAS X TKR 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
artikel neny.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Think Pair Share, Aktivitas, Prestasi. Kurangnya perhatian dan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika kelas X SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo serta rendahnya prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran matematika yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka dalam upaya peningkatan prestasi dan respon positif siswa pada penelitian ini akan diterapkan metode Think Pair Share. Melalui penelitian tindakan kelas ini penelitian ini bertujuan: 1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, 2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Pada penelitian ini peneliti melaksanakan penelitian di kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 ponorogo tahun pelajaran 20013/2014 pada materi program linier. Peneliti menggunakan (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yaitu setiap siklusnya dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan, setiap pertemuan selama 5 jam pelajaran atau 200 menit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi aktivitas belajar siswa, tes, dan angket respon siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan banyak siswa yang memenuhi indikator pengamatan aktivitas siswa (67,5%), banyak siswa yang tuntas belajar sebanyak 13 siswa (65%), persentase respon siswa sebesar (74,44%). Hasil penelitian siklus II menunjukkan banyak siswa yang memenuhi indikator pengamatan aktivitas siswa meningkat (85,83%), banyak siswa yang tuntas belajar sebanyak 17 siswa (85%), persentase respon siswa meningkat menjadi sebesar (80%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II, 2) Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan program linier kelas X TKR 1 SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo. Dan saran yang dapat diajukan adalah: 1) Dalam pembelajaran siswa diusahakan untuk mandiri menemukan sendiri dan guru bertindak sebagai fasilitator saja. 2) pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share perlu dilaksanakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan respon siswa, 3) Pada pelaksanaan pembelajaran, guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi dan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Dec 2014 03:35
Last Modified: 16 Dec 2014 03:35
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item