Hanifah, Qosdi (2021) Implementasi Pengelompokan Santri Untuk Menigkatkan Hasil hafalan Al- Qur’an di Madrasah Diniyah Tahfidz Insan Madani Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
img899.pdf Download (135kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (865kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (397kB) |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Download (422kB) |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mengajarkan kepada anak-anak yang statusnya merangkap menjadi siswa di sekolah umum untuk menghafalkan Al-Qur’an bukanlah perkara yang mudah. Disamping harus melaksanakan tugas dan mematuhi aturan di dalam sekolahnya, mereka dibimbing untuk menghafal Al-Qur’an walaupun sedikit demi sedikit. Dalam upaya menumbuh kembangkan potensi sumber daya anak di lingkungan masyarakat, Taman Tahfidz Insan Madani Ponorogo memfasilitasi anak-anak dengan diadakannya tahfidz Al-Qur’an. Adapun sistem yang digunakan adalah sistem pengelompokan santri. Hal ini bertujuan untuk mengelompokkan santri sesuai dengan putensi kemampuan hafalan yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Untuk mengetahui dan implementasi pengelompokan santri untuk meningkatkan hasil hafalan Al-Qur’an di Madin Tahfidz Insan Madani Ponorogo. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari penerapan pengelompokan santri untuk meningkatkan hasil hafalan Al-Qur’an di Madin Tahfidz Insan Madani Ponorogo. Untuk mengetahui hasil implementasi pengelompokan santri untuk meningkatkan hasil hafalan Al- Qur’an di Madin Tahfidz Insan Madani Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan yang terdiri dari 4 tahapan yang harus dilalukan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Madrasah Diniyah Tahfidz Insan Madani sudah melaksanakan 2 kali ujian hafalan al-Qur’an dan meluluskan 10 santri dengan capaian hafalan dari Surat An-Naba’ sampai dengan Surat Al-Insyiqaq. 2) Hasil hafalan santri lebih kuat dan terjaga dengan menggunakan metode yang digunakan yaitu metode talaqqi dan menggunakan teknik klasikal individual. 3) Bacaan hafalan santri lancar meskipun masih ada santri yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelompokan, hasil belajar, santri. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 01:07 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 05:34 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7222 |
Actions (login required)
View Item |