Peran Daily Performance Monitoring dalam Peningkatan Pendidikan Adab (Studi Kasus di Pondok Pesantren Azmania Ponorogo).

Suminar Wahyuningsih, Rohmi (2021) Peran Daily Performance Monitoring dalam Peningkatan Pendidikan Adab (Studi Kasus di Pondok Pesantren Azmania Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
ROHMI.pdf

Download (2MB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (936kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (809kB)

Abstract

Adab merupakan suatu keniscayaan dan telah lama mengakar dalam ajaran Islam. Dalam Islam, masalah adab sebagai bagian dari moralitas Islam telah mendapat perhatian serius tidak dalam urutan apapun. Salah satu lembaga yang melaksanakan pendidikan adab adalah Pondok Pesantren Azmania yang merupakan pondok pesantren untuk putri yang terletak di desa Ronowijayan, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Dalam penerapan pendidikan adab pada santriwati, diperlukan pengawasan agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik sehingga diadakannya program daily performance monitoring ini guna memotivasi santri untuk menciptakan inner dicipline (tertib dari dalam). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran daily performace monitoring dalam pelaksanaan Pendidikan Adab di Pondok Pesantren Azmania Ponorogo, Untuk mengetahui Peningkatan Pendidikan Adab di Pondok Pesantren Azmania Ponorogo, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program daily performace monitoring di Pondok Pesantren Azmania Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan yang terdiri dari 4 tahapan yang harus dilalukan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Peran daily performance monitoring dalam pelaksanaan pendidikan adab ini sangat penting. Hal ini dilaksanakan dengan cara menyediakan data ataupun dokumen tentang perilaku dan adab santri. Sehingga lebih mudah untuk memonitor, mengevaluasi, dan selanjutnya membuat langkah maupun kebijakan untuk meningkatkan sistem pendidikan adab tersebut. Adapun pelaksanaan program daily performance monitoring berjalan dengan lancar dan kondusif. 2) Peningkatan pendidikan adab di Pondok Pesantren Azmania semakin hari semakin membaik, dari yang awalnya belum faham mengenai adab keseharian, menjadi bisa melaksanakan dengan baik. Tentunya pendidikan tersebut melalui 3 tahapan cara, yaitu keteladanan, pembiasaan yang baik secara kontinu, dan pemberian materi dan pengetahuan. 3) Faktor pendukung dari program daily performance monitoring, yaitu: 1. seluruh warga pesantren berperan aktif dalam pelaksanaan program tersebut, 2. Design (sistem pengisian data tentang perilaku santri), struktur pembagian kerja dan tata ruang yang memungkinkan lebih mudah. Sedangkan untuk faktor penghambat dari program daily performance monitoring, yaitu: 1. Banyak SDM yang belum siap untuk langsung melaksanakan program daily performance monitoring. 2. Fasilitas yang masih terbatas sehingga memungkinkan kehilangan data di waktu dan tempat tertentu. 3. Terlalu sering penggantian ustadzah bagian pengasuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: pendidikan adab, daily performance monitoring, santri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:25
Last Modified: 26 Oct 2021 02:19
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7226

Actions (login required)

View Item View Item