Mualimah, Husnul (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN MELALUI METODE IQRA' DI TPA MIFTAHUL JANNAH DESA CEPOKO, KECAMATAN NGRAYUN, KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (616kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (793kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (646kB) |
Abstract
Mualimah, Husnul. 2021. Implementasi Pembelajaraan Baca Tulis Al Qur’an Melalui Metode Iqra’di TPA Miftahul Jannah Desa cepoko Kecamatan Ngrayun. Pembimbing (1) Dr. Nuraini M.Pd.I dan Pembimbing (II) Nurul Abidin M.Ed. Kata Kunci: Pembelajaran, Baca Tulis Al Qur’an, Metode Iqra’ Metode Iqra’ adalah suatu metode membaca Al Qur’an yang yang menekankan langsung pada latihan membaca. Metode Iqra’ digunakan karena dianggap cukup efektif dalam membaca Al Qur’an dengan memperhatikan kebenaran dan kefasihan bacaannya. Dalam membaca Al Qur’an haruslah memperhatikan kelancaran bacaannya atau “tashiihu qira-atil huruf” yaitu membikin tepat bacaan perhurufnya. Oleh karena itu dalam mencapai tujuan kefasihan membaca Al Qur’an dibutuhkan metode yang sesuai untuk meningkatkan kelancaran membaca Al Qur’an. Maka di TPA Miftahul jannah Ngrayun menerapkan metode Iqra’ sebagai metode yang berkesinambungan untuk meningkatkan cara membaca Al Qur'an denggan metode Iqra’. Peneliti melihat bahwa TPA Miftahul Jannah Ngrayun Ponorogo telah menggunakan metode untuk pembelajaran Al Qur’an yaitu Metode Iqra’. Metode yang mudah, praktis, membuat target target TPA tercapai. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Untuk mengentahui bagaimana Implementasi Pembelajaraan Baca Tulis Al Qur’an Melalui Metode Iqra’di TPA Miftahul Jannah Desa cepoko Kecamatan Ngrayun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif, diawali dengan pengelompokan data yang sama, selanjutnya dilakukan interpretasi untuk memberi makna pada sub aspek dan hubungan antara satu dengan lainnya. Kemudian dilakukan analisis dan interpretasi keseluruhan aspek untuk mengetahui makna hubungan antara satu dengan lainnya yang jadi fokus penelitian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian ini adalah Adapun hasil dari penelitian ini adalah Implementasi pembelajaraan baca tulis Al Qur’an di TPA Miftahul Jannah menekankan pada pelafatan setiap huruf hijaiyah dan mahrajnya dan panjang pendeknya. Hasil dari pembelajaraan Baca Tulis Al Qur’an ini proses dalam dapat meningkatkan kelancaraan membaca dan menulis Al Qur’an. Santri dapat mengenal huruf hijaiyah serta mampu membaca dan menulis Al Qur’an secara baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELEJARAN, BACA TULIS AL-QURAN, METODE IQRO |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 01:27 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:16 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7229 |
Actions (login required)
View Item |