BASUKI, ENDRO (2021) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK (Studi Kasus di MI Muhammadiyah 6 Nglegok). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (surat persetujaun unggah karya ilmiyah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIYAH.pdf Download (523kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (280kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (425kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Basuki, Endro. 2021. Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkembangkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di MI Muhammadiyah 6 Nglegok. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I Drs. Ahmad Muslih, M.Si., Pembimbing II Anip Dwi Saputra, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru kelas, Akhlakul karimah Strategi adalah cara yang ditempuh untuk mencapai sebuah tujuan dengan hasil yang efektif dan efisien. Degradasi moral dan kebiasaan akhlak buruk yang tertanam dalam jiwa anak perlu diobati dan diluruskan sedini dan secepat mungkin. Akhlak merupakan kebiasaan yang tercipta atas Pendidikan atau pembiasaan sebelumnya. Dalam hal ini guru kelas sebagai pelaksana strategi untuk menciptakan sebuah kebiasaan akhlak yang mulia. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menggali bentuk-bentuk strategi yang diguankan oleh guru kelas dalam menumbuhkembangkan akhlak anak di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 6 Nglegok. Dan untuk mengetahui implementasi atau hasil pelaksanaan strategi guru kelas dalam menumnuhkembagkan akhak anak di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 6 Nglegok. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah; strategi yang digunakan untuk menumbuhkembangkan akhlak adalah 1) penanaman iman; 2) keteladanan; 3) pembinaan orang tua; 4) pembiasaan; dan 5) kisah. Hasil dari strategi guru kelas dalam menumbuhkembangkan akhlakul karimah sudah dapat dirasakan oleh guru maupun wali. Wali santri merasa puas dengan adanya program sekolah adab dan al-Qurn ini karena akhalkul karimah anak bisa terkontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi, Guru kelas, Akhlakul karimah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 23:10 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 01:51 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7309 |
Actions (login required)
View Item |