PENERAPAN ALGORITMA NEURAL NETWORK PADA CHATBOT BAHASA JAWA TINGKAT TUTUR KRAMA ALUS

Deby Fambayun, Frigit (2021) PENERAPAN ALGORITMA NEURAL NETWORK PADA CHATBOT BAHASA JAWA TINGKAT TUTUR KRAMA ALUS. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah-dikonversi.pdf

Download (142kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf

Download (578kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (488kB)

Abstract

Krama Alus merupakan salah satu tingkat tutur dalam bahasa Jawa. Dalam berbicara atau bercakap-cakap dengan Krama Alus dalam kehidupan sehari-hari, remaja khususnya siswa sekolah masih belum terbiasa dan terkadang kesulitan bagaimana cara menjawab dengan bahasa Krama Alus. Dalam penelitian ini dihasilkan sebuah aplikasi berbasis web yaitu Chatbot Krama Alus, yang dapat merespon masukan dari pengguna menggunakan bahasa Jawa Krama Alus, sehingga pengguna dapat mengetahui bagaimana cara merespon suatu masukan atau pertanyaan menggunakan Krama Alus. Algoritma yang digunakan pada perancangan sistem menggunakan algoritma Machine Learning, yaitu Neural Network. Fungsi algoritma tersebut dalam penelitian ini adalah melakukan klasifikasi berdasarkan kata-kata yang dimasukkan oleh pengguna, mencocokkan dengan kalimat-kalimat pada pola yang sudah dibentuk, serta melakukan prediksi dengan jawaban yang sesuai dengan pola yang cocok. Pola-pola dalam chatbot dibentuk dengan melakukan wawancara kepada guru pengampu bahasa Jawa, serta disimpan kedalam sebuah file dengan format .JSON. Proses pelatihan Neural Network mendapatkan nilai akurasi yang cukup tinggi dengan rata-rata akurasi 0,9. Chatbot dapat merespon masukkan yang sesuai dengan pola dengan cukup baik berdasarkan pola yang sudah dibentuk. Pengujian yang dilakukan menggunakan Usability test mendapatkan predikat baik dengan nilai rata-rata 72,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Chatbot, Chatbot Krama Alus, Machine Learning, Neural Network
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 02 Sep 2021 01:45
Last Modified: 29 Oct 2021 03:04
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7492

Actions (login required)

View Item View Item