STRATEGI PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 PONOROGO

Wijayanti, Tri (2021) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SK UNGGAH KARYA ILMIAH - TRI WI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
lampiran depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text (Lampiran Belakang)
LAMPIRAN BELAKANG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tri Wijayanti. 2021. Strategi pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo ( studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo) pembimbing (I) Katni M.Pd.I, pembimbing (II) Sigit Dwi Laksana M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya gairah semangat siswa dalam menghadapi pembelajaran yang ada disekolah, perlu adanya beberapa metode atau strategi yang dilakukan guru guna memotivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar, maka dari itu penelitian ini dilakukan atas dasar untuk mendeskripsikan tentang strategi perencanaan pengelolaan kelas, pelaksaan pengelolaan kelas, faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan kelas. Banyak faktor yang mempengaruhi semangat siswa dan motivasi sangat diperlukan untuk menggugah semangat siswa. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru kepada siswa, mengetahui proses pelaksanaan pengelolaan kelas, serta untuk mengetahui beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan kelas yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kulaitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu Observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik meliputi: penyajian data, koleksi data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian tentang strategi pengelolaan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo (studi kasus di Madrasah ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo) adalah sebagai berikut: (1) Bertujuan untuk melatih kedisiplinan siswa dan mengajarkan mereka untuk mempunyai jiwa peduli lingkungan serta diharapkan mampu membangun semangat siswa dan berdampak positif bagi madrasah, (2) Adanya stimulus yang diberikan pendidik kepada siswa agar para siswa senantiasa semangat antusias ketika melakukan pembelajaran. Setiap pembelajaran, para guru menggunakan media seperti LCD proyektor,atau media gambar dan lainya seperti sound, guna sebagai pendukung pembelajaran, (3) Adanya factor pendukung berupa tenaga pendidik dan guru yang professional dan memiliki perhatian yang dekat dengan siswa, ruang kelas dan jumlah siswa, serta peran masyarakat sekitar yang proaktif bagi madrasah, dan faktor penghambat berupa jumlah besar kecilnya siswa dalam satu kelas, seperti yang terjadi pada kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo yang berjumlah sekitar 44 anak dan kemudian untuk memudahkan guru dalam mengkondisikan tiap siswa kelas V dibagi menjadi dua rombel belajar dengan jumlah siswa VA 21 anak dan VB 23 anak.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:38
Last Modified: 01 Nov 2021 01:31
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7495

Actions (login required)

View Item View Item