ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEN PER SHARE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2012

NURTANTRI, YULIA (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEN PER SHARE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan pembagian dividen adalah untuk memaksimumkan kemakmuran pemegang saham. Selain itu tujuan pembagian dividen juga untuk menunjukkan likuiditas perusahaan, untuk memenuhi kebutuhan para pemegang saham akan pendapatan riil, serta sebagai alat komunikasi antara manajer dan pemegang saham. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan antara Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS) simultan terhadap Dividen Per Share (DPS) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012. Dari hasil analisis diperoleh simpulan sebagai berikut: dilihat secara parsial CR, DER dan EPS memiliki pengaruh terhadap Dividend Per Share (DPS) berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut: Current Ratio (CR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Per Share dengan nilai t hitung sebesar 2,342 lebih besar dari t tabel yang hanya sebesar 2,00. Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Per Share (DPS) dengan nilai t hitung sebesar -2,375 lebih besar dari t tabel yang hanya sebesar 2,00. Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Per Share (DPS) dengan nilai t hitung sebesar 3,134 lebih besar dari t tabel yang hanya sebesar -2,00. Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Per Share (DPS). Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 6,617 dengan probabilitas 0,000 dan jauh lebih kecil dari 0,05 atau 5%. Apabila dibandingkan F hitung dengan F tabel, maka F tabel adalah sebesar 3,74 lebih kecil dari pada nilai F hitung pada tabel anova sebesar 6,617. Key Word: Perusahaan Manufaktur, Dividend Per Share (DPS), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Admin FE
Date Deposited: 07 Jan 2015 02:09
Last Modified: 04 Feb 2015 03:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item