PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 2 PURWANTORO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sari, Merlina (2021) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 2 PURWANTORO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN)
img029.pdf

Download (136kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (523kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf

Download (2MB)

Abstract

Sari, Merlina. 2021. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Sswa Di SD Negeri 2 Purwantoro Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Isam, pembimbing Drs. Ahmad Muslich, M.Si dan Anip Dwi Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kedisiplinan Belajar Siswa Pola asuh orang tua adalah untuk mengembangkan kedisiplinan anak terutama dalam kedisiplinan belajar, maka orang tua perlu pengasuhan yang tepat dan dapat menumbuhkan sikap-sikap yang diharapkan menjadi bekal untuk masa depannya. Disiplin adalah usaha untuk membuat anak pada jalur yang ditentukan pada individu oleh orang tua. Dengan diberinya aturan di rumah ataupun di sekolahan, kedisiplinan yang tertanam pada anak akan diterapkan dimana saja dan kapan saja. Pengawasan dalam pelaksanaan serta penjelasan-penjelasan terhadap pentingnya kedisiplinan belajar diharapkan dapat menumbuhkan rasa disiplin terutama dalam kedisiplinan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SD Negeri 2 Purwantoro. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel yaitu seluruh siswa kelas 4 dan 5 tahun ajaran 2020/2021 yaitu 61 siswa. Alat pengunpulan data yang utama digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket pola asuh orang tua diberikan kepada siswa dan angket kedisiplinan belajar diberikan kepada siswa. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji lineritas dan uji analisis regresis linier sederhana dalam taraf signifikan menggunakan 0,05 dan dalam pengolahan data menggunakan SPSS 17.0 For Windows. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai t tabel = 2,003 dan t hitung sebesar (-0, 723) sehingga nilai t hitung < t tabel. Nilai koefisien determinasi R (Square) sebesar 0,009 atau 0,9%. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan pengaruh signifikan pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SD Negeri 2 Purwantoro tergolong kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kedisiplinan Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:23
Last Modified: 02 Nov 2021 02:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7729

Actions (login required)

View Item View Item