HUSNA, HALIMATU (2021) STRATEGI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 10 YANGGONG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH)
Surat Persetujuan Unggah.pdf Download (292kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
1. Halaman Depan.pdf Download (743kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf Download (271kB) |
|
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
|
Text (BAB V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang dihadapi dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa. Siswa menganggap mata pelajaran SKI sulit dipahami, materi pelajarannya dirasa berat karena mengandung kosa kata bahasa Arab dan belum pernah ada penelitian sebelumnya yang menggunakan metode Mind Mapping. Hal inilah yang memotivasi peneliti untuk melaksanakan penelitian menggunakan metode Mind Mapping pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini dilakasanakan bertujan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar SKI di MI Muhammadiyah 10 Yanggong menggunakan metode Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Siswa kelas III dan guru SKI di MI Muhammadiyah 10 Yanggong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu 75.21. Pada siklus II nilai rata -rata siswa meningkat menjadi 81.05 dengan prosentase ketuntasan siswa 100 % sebanyak 19 siswa tuntas dan siswa yang tidak tuntas mencapai 0% sebanyak 0 siswa. Dengan demikian nilai rata -rata siswa mengalami peningkatan sebesar 5.84% begitu pula pada ketuntasan belajar pada mata pelajaran SKI mengalami peningkatan sebesar 26.34%. Dengan berakhirnya pelaksanaan siklus II, menandakan tidak ada lagi pengulangan pada siklus selanjutnya. Karena nilai capaian siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh madrasa. Penggunaan metode Mind Mapping dalam pembelajaran SKI memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa, yaitu siswa menjadi lebih mudah memahami mata pelajaran SKI, Siswa mulai termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan rasa antusias. Dibuktikan dengan, siswa mulai aktif bertanya tentang materi yang masih kurang dipahami, serta merasa nyaman dalam pembelajaran SKI
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Kebudayaan Islam, Mind Mappind, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 01:21 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 04:32 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7801 |
Actions (login required)
View Item |