UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TERHADAP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL DIAGRAM

Wulansari, Novia (2021) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TERHADAP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL DIAGRAM. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Keputusan.pdf

Download (271kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (789kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (99kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (323kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (914kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)

Abstract

ABSTRAK NOVIA WULANSARI: Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa SMP Terhadap Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Model Diagram. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan menggunakan model diagram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di rumah peneliti dengan subjek penelitian berjumlah tiga siswa dengan satu siswa perempuan dan dua siswa laki-laki SMP yang dipilih berdasarkan observasi terhadap pemahaman konsep siswa dengan kategori rendah atau kurang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi dan tesdengan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa pada operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, dilihat dari adanya perkembangan yang baik selama proses pembelajaran. Serta dapat dilihat pada capaian indikator keberhasilan yang dicapai siswa, antara lain menyebutkan lambang pecahan biasa berdasarkan diagram, mempresentasikan pecahan dalam gambar, menemukan padanan/ menyetarakan pecahan yang diberikan, membandingkan dua pecahan, sertamengoperasikan penjumlahan dan pengurangan pada dua bilangan pecahan. Kata Kunci: Pecahan, Operasi pecahan, Model diagram.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pecahan, Operasi pecahan, Model diagram
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:06
Last Modified: 13 Sep 2021 04:06
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7859

Actions (login required)

View Item View Item