PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKUTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

INDRIANI, KHONI (2014) PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKUTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kewirausahaan kini merupakan kebutuhan bagi sebuah bangsa yang ingin Maju. Sebuah negara dikatakan maju jika minimal 2% penduduknya adalah wirausahawan atau entrepreneur. Maka dari itu, dunia pendidikan sekarang ini tengah menggeliat kegiatan pendidikan berbasis kewirausahaan. Pusat-pusat pembibitan wirausahawan pun marak didirikan. Salah satunya adalah Pusat Pembibitan Bisnis (P2B) yang mengadakan Program Sertifikasi Wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program sertifikasi wirausaha yang telah diikuti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Model penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang telah mengikuti Program Sertifikasi Wirausaha angkatan I-IV yang berjumlah 427 orang, dengan jumlah sampel 40 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Snowball Sampling. Data yang telah terkumpul diuji dengan teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows©. Hasil penelitian T hitung untuk X1 (2,987) dan X3 (2,668) adalah berada di daerah penolakan Ho (T tabel= 2,0281). Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Y. Sedangkan untuk T hitung X3 (0,387) berada di daerah penerimaan Ho.Artinya, Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya, variabel X3 memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Y. Namun, secara keseluruhan F hitung (13,439) > F tabel (3,260 ) yang artinya variabel X1, X2 dan X3 secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Y. Nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,529. Artinya, variabel-variabel dalam penelitian ini menyumbang 52,9% terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Hasil ini kemudian direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk memperluas lingkup penelitian dan memperhatikan variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa. Kata kunci: Minat Berwirausaha, Program Sertifikasi Wirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Admin FE
Date Deposited: 23 Jan 2015 03:00
Last Modified: 03 Feb 2015 06:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item