ADITIA CAHYONO, FERESZA (2021) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM VIDEO ADVERTISEMENT PRODUK TEMBAKAU BERBASIS ANDROID. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (3MB) |
|
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (81kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (120kB) |
Abstract
Seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi pada saat ini muncul teknologi yang disebut augmented reality. Augmented reality (AR) merupakan teknologi dunia virtual dua dimensi ataupun tiga dimensi yang menggambunkan dengan dunia nyata secara realtimen. Sehingga seperti tidak ada batas antara dunia nyata maupun dunia virual. Dalam memunculkan sebuah objek AR memerlukan marker atau penanda. Sedangkan dalam dunia IT yang semakin berkembang pesat membuat orang berlomba-lomba dalam membuat inovasi baru. Terutama dalam dunia periklanan. Iklan memiliki beberapa media di antaranya media cetak dan media elektronik. Dari beberapa media iklan yang dipakai saat ini orang lebih cendrung tertaik menggunakan media. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan inovasi yang belum terlalu dikenal dalam dunia periklanan. Penggunaan media augmented reality dalam dunia periklanan bertujuan untuk memberikan pengalaman berbeda bagi para konsumen dalam melihat suatu produk dan menilai produk yang ditawarkan. Prosesnya dilakukan dengan cara memunculkan objek 3D dan menampilkan animasi. Dengan begitu penjual lebih mudah memberikan informasi produk yang dijual. Hal ini yang melandasi peneliti untuk membuat iklan yang menarik konsumen dan lebih hemat dalam biaya dengan menggunakan teknologi augmented reality. Evaluasi pada aplikasi diperlukan untuk mengetahui apakah aplikasi sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan blackbox testing dan usability testing. Dalam pengujian blackbox testing fitur-fitur yang diuji mendapatkan hasil valid yang berarti sistem berjalan sesuai dengan keinginan dan dalam pengujian usability testing berdasarkan 5 variabel yaitu learnability, efficiency, memorability, error dan santisfaction mendapatkan nilai rata-rata 4,11 yang berarti aplikasi aplikasi baik dalam pengoprasian dan baik dalam penyampaian informasi seputar tembakau.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, iklan, android, marker |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration T Technology > TP Chemical technology T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | ft . userft |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 05:35 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 06:29 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8047 |
Actions (login required)
View Item |