IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM VIDEO ADVERTISEMENT PRODUK TEMBAKAU BERBASIS ANDROID

ADITIA CAHYONO, FERESZA (2021) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DALAM VIDEO ADVERTISEMENT PRODUK TEMBAKAU BERBASIS ANDROID. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (120kB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi pada saat ini muncul teknologi yang disebut augmented reality. Augmented reality (AR) merupakan teknologi dunia virtual dua dimensi ataupun tiga dimensi yang menggambunkan dengan dunia nyata secara realtimen. Sehingga seperti tidak ada batas antara dunia nyata maupun dunia virual. Dalam memunculkan sebuah objek AR memerlukan marker atau penanda. Sedangkan dalam dunia IT yang semakin berkembang pesat membuat orang berlomba-lomba dalam membuat inovasi baru. Terutama dalam dunia periklanan. Iklan memiliki beberapa media di antaranya media cetak dan media elektronik. Dari beberapa media iklan yang dipakai saat ini orang lebih cendrung tertaik menggunakan media. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan inovasi yang belum terlalu dikenal dalam dunia periklanan. Penggunaan media augmented reality dalam dunia periklanan bertujuan untuk memberikan pengalaman berbeda bagi para konsumen dalam melihat suatu produk dan menilai produk yang ditawarkan. Prosesnya dilakukan dengan cara memunculkan objek 3D dan menampilkan animasi. Dengan begitu penjual lebih mudah memberikan informasi produk yang dijual. Hal ini yang melandasi peneliti untuk membuat iklan yang menarik konsumen dan lebih hemat dalam biaya dengan menggunakan teknologi augmented reality. Evaluasi pada aplikasi diperlukan untuk mengetahui apakah aplikasi sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan blackbox testing dan usability testing. Dalam pengujian blackbox testing fitur-fitur yang diuji mendapatkan hasil valid yang berarti sistem berjalan sesuai dengan keinginan dan dalam pengujian usability testing berdasarkan 5 variabel yaitu learnability, efficiency, memorability, error dan santisfaction mendapatkan nilai rata-rata 4,11 yang berarti aplikasi aplikasi baik dalam pengoprasian dan baik dalam penyampaian informasi seputar tembakau.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, iklan, android, marker
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > TP Chemical technology
T Technology > TX Home economics
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 24 Sep 2021 05:35
Last Modified: 08 Nov 2021 06:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8047

Actions (login required)

View Item View Item