PENGARUH PENGETAHUAN DEWAN TENTANG ANGGARAN TERHADAP PENGAWASAN DEWAN PADA KEUANGAN DAERAH (APBD) DENGAN GOOD GOVERNMENT SEBAGAI VARIABEL MODERATING(STUDI PADA DPRD KOTA/KABUPATEN PONOROGO

RAHMANSYAH, RAHMANSYAH (2014) PENGARUH PENGETAHUAN DEWAN TENTANG ANGGARAN TERHADAP PENGAWASAN DEWAN PADA KEUANGAN DAERAH (APBD) DENGAN GOOD GOVERNMENT SEBAGAI VARIABEL MODERATING(STUDI PADA DPRD KOTA/KABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Pengawasan pada keuangan daerah sangat penting dilakukan oleh para pemegang kendali pemerintahan apabila ingin mencapai pemerintahan yang baik (good government) diantaranya pada anggota Dewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) secara empiris pengaruh hubungan antara pengetahuan dewan tentang anggaran dengan pengawasan keuangan daerah (APBD), 2) secara empiris pengaruh interaksi Akuntabilitas terhadap hubungan antara pengetahuan dewan tentang anggaran dengan pengawasan keuangan daerah (APBD), 3) secara empiris pengaruh interaksi transparansi kebijakan publik terhadap pengetahuan dewan tentang anggaran dengan pengawasan keuangan daerah (APBD), 4) secara empiris pengaruh interaksi komitmen organisasi terhadap pengetahuan dewan tentang anggaran dengan pengawasan keuangan daerah (APBD). Penelitian ini dilakukan di Anggota Dewan Kabupaten Ponorogo dengan menggunakan populasi sebanyak 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji instrument meliputi uji validitas dan uji reliabilitas; uji asumsi klasik meliputi uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji normalitas; pengujian hipotesis meliputi regresi moderating, uji t, uji determinasi dan uji F, dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh positif terhadap pengawasan pada keuanagan daerah (APBD), 2) pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap pengawasan pada keuangan daerah tidak dimoderasi oleh Akuntanbilitas, 3) pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap pengawasan pada keuangan daerah tidak dimoderasi oleh transparansi kebijakan publik, 4) pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap pengawasan pada keuangan daerah tidak dimoderasi oleh Komitmen organisasi. Kata kunci : pengetahuan dewan tentang anggaran, akuntabilitas, transparansi kebijakan publik, komitmen organisasi, pengawasan pada keuangan daerah (APBD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Admin FE
Date Deposited: 12 Jan 2015 03:09
Last Modified: 03 Feb 2015 06:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item View Item