PUJI WULANDARI, DYAH (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIID MTs WALI SONGO NGABAR SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
ii.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (126kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (975kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Model GI, Peningkatan prestasi belajar Pembelajaran matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh siswa di sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, sebagian siswa menganggapnya sebagai pelajaran yang sulit dan kurang diminati. Padahal siswa seharusnya menyadari bahwa kemampuan berfikir logis, kritis, cermat, efisien dan efektif adalah menjadi ciri pelajaran matematika yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi zaman yang semakin berkembang. Dalam kenyataanya, pelajaran matematika selalu dianggap sulit dan ditakuti oleh siswa sehingga sangat berdampak pada rendahnya prestasi belajar mereka. Keadaan ini juga dialami di kelas VIID MTs Wali Songo Ngabar Poorogo, bahwa proses pembelajaran matematika masih didominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa dalam kelas masih kurang. Hal ini sangat berpengaruh pada rendahnya nilai rata-rata siswa termasuk dalam pokok bahasan Bentuk Belajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka harus digunakan model pembelajaran yang menarik sekaligus bermakna bagi siswa serta dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan prestasi belajar mereka. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar matematika siswa yang ada di MTs Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014 melelui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation). Pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajat, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa (untuk mengetahui berapa banyak siswa yang aktif) dan respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian (selama siklus I dan II) menunjukkan bahwa pada siklus I prestasi belajar siswa adalah 65% dapa meningkat pada siklus II yaitu 87%. Aktivitas siswa dikatakan tinggi ini ditunjukkan pada siklus I adalah 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,86%. Kenaikan persentase merupakan dampak dari keberhasilan guru dan siswa dalam proses belajar menagajar di kelas. Sehingga penerapan model GI baik diterapkan pada bab Operasi Bentuk Aljabar, di MTs Wali Songo Ngabar Ponorogo. Dari penelitian inidiperoleh simpulan bahwa dengan menerapkan model GI dapat meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIID MTs Wali Songo Ngabar Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran yang dapat diajukan adalah pembelajaran dengan menerapakan model GI dapat menjadi pertimbangan guru untuk meningkatkan prestasi belejar siswa dan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 Jan 2015 03:18 |
Last Modified: | 12 Jan 2015 03:18 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/806 |
Actions (login required)
View Item |