PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 12 NGAMPEL KECAMATAN BALONG

Pamuji, Dawam (2021) PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 12 NGAMPEL KECAMATAN BALONG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
img207.pdf

Download (137kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pamuji, Dawam. 2021. Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Terhadap Prestasi belajar IPS Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 12 Ngampel. Skripsi Program Strata Satu (S-1), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam,Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: (1) Dr. H. Syarifan Nurjan, MA (II) Lilis Sumaryanti, M.Pd. Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Prestasi Belajar, IPS Diskusi sering digunakan dalam pembelajaran kelompok atau kerja kelompok yang didalamnya melibatkan beberapa siswa yang ditugaskan untuk menynelesaikan pekerjaan atau suatu permasalahan. Penggunaan diskusi bahan pelajaran harus dikemukakan dengan topik permasalahan yang akan menstimulus siswa menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode diskusi kelompok terhadap prestasi belajar IPS siswa Madrasah Ibtidaiyaah Muhammadiyah 12 Ngampel Kecamatan Balong. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 12 Ngampel Kecamatan Balong, dengan menggunakan sampel 30 siswa yang diambil dari siswa kelas atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dari penelitian ini adalah metode diskusi kelompok, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar IPS siswa. Pengambilan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa metode diskusi kelompok tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar IPS siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 12 Ngampel.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Diskusi kelompok, Prestasi Belajar,IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:44
Last Modified: 08 Nov 2021 06:50
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8067

Actions (login required)

View Item View Item