REVITALISASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN UNTUK MENGOPTIMALKAN BUDAYA LITERASI DI SD NEGERI 1 KUNTI PONOROGO

Athul Milla, Isni REVITALISASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN UNTUK MENGOPTIMALKAN BUDAYA LITERASI DI SD NEGERI 1 KUNTI PONOROGO. Community Empowerment (CE). ISSN 2621-4024 (Submitted)

[img] Text (Surat keputusan unggah karya ilmiah)
unggah karya ilmiah.pdf

Download (149kB)
[img] Text (Halaman depan)
Halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Artikel asli)
Artikel asli.pdf

Download (801kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar pustaka.pdf

Download (343kB)
[img] Text (Letter of submission)
Letter of submission_CE_Isni Milla.pdf

Download (179kB)
Official URL: https://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/index

Abstract

Perpustakaan memiliki peran sentral dalam membentuk iklim akademik di sekolah. Perpustakaan telah didesain dalam sistem terstruktur dengan berbagai tujuan dan fungsi demi mengoptimalkan kegiatan keilmuan. Akan tetapi kondisi sebagian besar perpustakaan sekolah di Indonesia kurang sesuai dengan kebutuhan baik dari segi kenyamanan dan kelengkapan bahan pustaka menjadi hal dasar mengapa tujuan dan fungsi perpustakaan tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh sebab itu,perlu adanya upaya untuk mengembalikan fungsi perpustakaan sebagaimana mestinya. Salah satu kegiatan yang diangkat adalah revitalisasi manajemen perpustakaan dalam mengoptimalkan budaya literasi di lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam lingkup program Kampus Mengajar yang diadakan oleh Kampus Merdeka. Pengabdian tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 Maret – 22 Juni 2021. Tim kami mengabdi di Sekolah Dasar Negeri 1 Kunti yang beralamatkan di Dusun Bayeman Desa Kunti Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Program ini memiliki tujuan untuk memulihkan peran dari perpustakaan sekolah selaras dengan visi dan misinya yaitu dengan menerapkan kegiatan pembaharuan pengelolaan perpustakaan sekolah. Manajemen perpustakaan sekolah yang diterapkan dimulai dari tahap perencanaan (Planning), tahap pengorganisasian (Organizing), tahap penggerakan (Actuating) dan tahap pengawasan (Controling). Pengabdian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penggalian data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan serta hasil yang menunjukkan peningkatan budaya literasi siswa disekolah. Maka disiimpulkan bahwa progam revitalisasi ini berjalan dengan lancar serta tepat sasaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perpustkaan, Revitalisasi, Manajemen Perpustakaan, Kampus Mengajar, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Economic
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:19
Last Modified: 12 Nov 2021 04:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8071

Actions (login required)

View Item View Item