Herlianawati, Heni, Fadlillah, M and Fadhli, Muhibuddin (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DI RUMAH PADA MASA COVID-19 DI TK ABA BROTONEGARAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (surat persetujuan)
karya ilmiah.pdf Download (145kB) |
|
Text (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (757kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Download (567kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Heni Herlianawati. Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Di Rumah Pada Masa Covid-19 Di TK ABA Brotonegaran Ponorogo. Skripsi. Program Studi Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dr. M. Fadlillah, M.Pd.I, Pembimbing 2 Dr. Muhibuddin Fadhli, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mendampingi anak usia dini belajar di rumah pada masa Covid-19 di TK ABA Brotonegaran Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang diperlukan untuk mendukung penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian dilakukan pada orang tua dan anak usia 4-5 tahun di TK ABA Brotonegaran yang berjumlah 6 orang tua dan 6 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam orang tua usia 4-5 tahun di TK ABA Brotonegaran Ponorogo memiliki tiga peran dalam mendampingi belajar di rumah pada masa Covid-19, Pertama peran dalam memberikan fasilitas, berupa memberikan akses materi belajar melalui handphone seperti pemutaran video pembelajaran baik dari guru maupun dari youtube. Orang tua juga memberikan fasilitas belajar lainnya seperti alat permainan edukatif., dan mendokumentasikan proses dan hasil kegiatan dengan foto, video dan rekaman. Peran kedua adalah memberi rasa aman dengan indikator memastikan anak belajar dalam kondisi sehat yakni dengan mengamati gerak gerik, ekspresi dan semangat anak-anak mereka, memegang kening anak, dan mencek suhu tubuh anak dengan thermometer. Di samping itu, dalam memberikan rasa aman pada anak, orang tua ikut menemani dan mendampingi belajar anak dari awal sampai akhir, juga memberikan latihan kepada anak untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga kebersihan tangan dan badan, dan juga memberikan wawasan edukatif terhadap virus Covid-19. Peran ketiga adalah menghubungi guru dengan indikator mengirimkan tugas berupa foto, video atau rekaman, dan juga menyampaikan kendala yang dialami melalui buku penghubung. Kata kunci: Anak Usia Dini, Peran Orang Tua, Belajar di Rumah, Masa Covid-19.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Peran Orang Tua, Belajar di Rumah, Masa Covid-19. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 01:34 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 07:00 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8102 |
Actions (login required)
View Item |