PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DI RUMAH PADA MASA COVID-19 DI TK ABA BROTONEGARAN PONOROGO

Herlianawati, Heni, Fadlillah, M and Fadhli, Muhibuddin (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DI RUMAH PADA MASA COVID-19 DI TK ABA BROTONEGARAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (surat persetujuan)
karya ilmiah.pdf

Download (145kB)
[img] Text (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (757kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (567kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Heni Herlianawati. Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Di Rumah Pada Masa Covid-19 Di TK ABA Brotonegaran Ponorogo. Skripsi. Program Studi Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dr. M. Fadlillah, M.Pd.I, Pembimbing 2 Dr. Muhibuddin Fadhli, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mendampingi anak usia dini belajar di rumah pada masa Covid-19 di TK ABA Brotonegaran Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang diperlukan untuk mendukung penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian dilakukan pada orang tua dan anak usia 4-5 tahun di TK ABA Brotonegaran yang berjumlah 6 orang tua dan 6 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam orang tua usia 4-5 tahun di TK ABA Brotonegaran Ponorogo memiliki tiga peran dalam mendampingi belajar di rumah pada masa Covid-19, Pertama peran dalam memberikan fasilitas, berupa memberikan akses materi belajar melalui handphone seperti pemutaran video pembelajaran baik dari guru maupun dari youtube. Orang tua juga memberikan fasilitas belajar lainnya seperti alat permainan edukatif., dan mendokumentasikan proses dan hasil kegiatan dengan foto, video dan rekaman. Peran kedua adalah memberi rasa aman dengan indikator memastikan anak belajar dalam kondisi sehat yakni dengan mengamati gerak gerik, ekspresi dan semangat anak-anak mereka, memegang kening anak, dan mencek suhu tubuh anak dengan thermometer. Di samping itu, dalam memberikan rasa aman pada anak, orang tua ikut menemani dan mendampingi belajar anak dari awal sampai akhir, juga memberikan latihan kepada anak untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga kebersihan tangan dan badan, dan juga memberikan wawasan edukatif terhadap virus Covid-19. Peran ketiga adalah menghubungi guru dengan indikator mengirimkan tugas berupa foto, video atau rekaman, dan juga menyampaikan kendala yang dialami melalui buku penghubung. Kata kunci: Anak Usia Dini, Peran Orang Tua, Belajar di Rumah, Masa Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Peran Orang Tua, Belajar di Rumah, Masa Covid-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:34
Last Modified: 10 Nov 2021 07:00
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8102

Actions (login required)

View Item View Item