PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DI MTs. NURUL MUJTAHIDIN KEC. MLARAK PONOROGO TAHUN AJARAN 2013/2014

FAJARWATI, WAHYU (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DI MTs. NURUL MUJTAHIDIN KEC. MLARAK PONOROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, antara lain dengan perbaikan mutu belajar-mengajar. Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangatlah penting oleh guru. Salah satu alternatif model pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa dan memberi banyak kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensinya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Melalui studi pendahuluan oleh peneliti dengan melakukan pengamatan terhadap proses dan hasil belajar siswa di kelas VIII A MTs. Nurul Mujtahidin Kec. Mlarak diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Prestasi belajar matematika siswa masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata hanya mencapai 60; 2) Siswa kurang antusias dalam belajar matematika, mereka lebih cenderung menerima apa saja yang disampaikan oleh guru, diam, dan tidak mau mengemukakan pertanyaan maupun pendapatnya; 3) Salah satu pokok bahasan yang sulit dipahami oleh siswa yaitu pokok Bahasan Bangun Ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA MTs. Nurul Mujtahidin Kec. Mlarak tahun ajaran 2013/2014, serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang di MTs. Nurul Mujtahidin Kec. Mlarak Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini penelitian ini yaitu kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan observasi, aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 12.27% yang pada siklus I sebesar 64.86% menjadi 77.13% pada siklus II. Dari hasil tes akhir siklus prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 62.5% pada siklus I menjadi 83.33% pada siklus II dengan rata-rata ≥ 75. Sedangkan dari hasil analisis angket, respon siswa juga mengalami peningkatan dari 68.75% pada siklus I menjadi 73.33% pada siklus II. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 13 Jan 2015 03:05
Last Modified: 04 Feb 2015 02:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item