PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SUB BAB MATERI LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG PADA SISWA KELAS V SDN GALAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NUGRAHENI HERVIANTI, FEBRIJANA (2014) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SUB BAB MATERI LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG PADA SISWA KELAS V SDN GALAK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penerapan Problem Based Learning pada siswa kelas V SDN Galak tahun pelajaran 2013/2014 dengan sub bab materi luas trapesium dan layang-layang ini bertujuan untuk: (1) Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi sub bab luas trapesium dan layang-layang melalui penerapan Problem Based Learning pada siswa kelas V SDN Galak Tahun Pelajaran 2013/2014.(2) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa kelas V SDN Galak tahun pelajaran 2013/2014 selama penerapan Problem Based Learning pada materi sub bab luas trapesium dan layang-layang. (3) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di kelas V SDN Galak tahun pelajaran 2013/2014 selama penerapan Problem Based Learning pada materi sub bab luas trapesium dan layang-layang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Galak Kecamatan Slahung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada siklus I 67,50% (cukup) meningkat pada siklus II mencapai 75% (baik), siswa sudah mampu dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan,melaksanakan pemecahan dan membuat kesimpulan jawaban. Rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat selama pembelajaran yaitu pada siklus I 71% (cukup) mencapai 81% (aktif) pada siklus II dan siswa lebih aktif untuk bertanya pada guru, menyelesaikan tugas dalam kelompok dan berdiskusi. Rata-rata kemampuan guru pada siklus I mencapai 3,57 atau predikat baik dan pada siklus II mencapai 3,78 dengan predikat baik. Selama penerapan PBL,guru mampu memotivasi siswa dalam pembelajaran, mengatur dalam kelompok, membimbing, mendorong siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi dan mengevaluasi serta menganalisis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 14 Jan 2015 01:49
Last Modified: 04 Feb 2015 02:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item View Item