UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS IXA MTs MUHAMMADIYAH KEC.BANDAR PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

WIDIANTI, ERNA (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS IXA MTs MUHAMMADIYAH KEC.BANDAR PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Minat dan Prestasi. Rendahnya prestasi siswa salah satunya adalah terletak pada proses pembelajaran matematika yang masih sering ditemui adanya dominasi guru yang mengakibatkan siswa cenderung lebih bersifat pasif. Sehingga sebagian siswa menjadi cepat bosan dan malas dalam mengikuti materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa kelas IXA MTs Muhammadiyah Bandar Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan subyek siswa berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom action Research) dengan menggunakan siklus. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) prencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) hasil observasi, dan (4) analisis data dan refleksi. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) adalah pembentukan kelompok secara heterogen. Melalui pembelajaran ini siswa dapat saling bertukar pendapat, saling bekerjasama jika ada teman yang mengalami kesulitan. Sehingga sering melakukan praktik, semakin mudah siswa memahami materi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar dan prestasi belajar matematika melalui penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Hal tersebut dapat diketahui dari beberapa hasil sebagai berikut: (1) minat belajar menunjukkan peningkatan dari 76,92% (siklus I) menjadi 100% (siklus II).(2) adanya peningkatan pencapaian prestasi belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I 69,23% pada siklus II menjadi 80,69%. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru/peneliti melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Guru lebih memperhatikan siswa dalam mencapai prestasi dengan cara memotivasi siswa. (2) Guru lebih meningkatkan keefektifan siswa dalam aktivitas belajarnya, terutama pada aspek bekerja secara kelompok dan mempresentasikan hasil pekerjaannya serta meminimalisasi aktivitas yang tidak relevan dalam pembelajaran.(3) Guru lebih mempersiapkan diri dalam pengelolaan pembelajaran, terutama pada aspek-aspek memberikan masalah (soal) kepada siswa dalam suatu kelompok untuk didiskusikan, mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan dari materi yang telah diajarkan, pengelolaan waktu dan pengelolaan kelas/suasana kelas juga perlu ditingkatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 14 Jan 2015 02:34
Last Modified: 14 Jan 2015 02:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item