IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI DI SDN 2 PANDAK KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO

Akhyar Syaifulloh, Deny (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI DI SDN 2 PANDAK KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (304kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text
1. BAB I.pdf

Download (660kB)
[img] Text (BAB II)
2. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
3. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text (BAB IV)
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text (BAB V)
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter di Indonesia merupakan gerakan nasional untuk mewujudkan sekolah dalam membina generasi muda yang beretika, bertanggung jawab, dan bertoleransi tinggi, karena pendidikan karakter menekankan pada aspek nilai-nilai universal. Pendidikan karakter juga dapat dilakukan di lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal. Dalam pendidikan formal, pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di kelas pada mata pelajaran khusus, sedangkan pendidikan nonformal dapat melalui organisasi Gerakan Pramuka. Pengembangan pendidikan karakter melalui Gerakan Pramuka berupa kegiatan kepramukaan banyak diterapkan oleh lembaga pendidikan saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan kepramukaan terhadap pembentukan karakter toleransi. Mengetahui pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap pembentukan karakter toleransi secara islami di SDN 2 Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Mengetahui alasan pendidikan kepramukaan berpengaruh terhadap pembentukan karakter tolerasi secara islami di SDN 2 Desa Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan kepramukaan di SDN 2 Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo sudah terlaksana dengan baik, proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter mencakup tiga hal perencanaan, pelaksaan dan evaluasi. Perencanaan merupakan tahap awal dalam menerapkan pendidikan karakter, pembina berpedoman pada metode kepramukaan yang berisi nilai-nilai pendidikan karakter toleransi yang harus ditanamkan pada siswa dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran Islam. Selanjutnya dilakukan sosialisasi kepada seluruh elemen sekolah dan untuk menguatkan nilai-nilai karakter tersebut, pihak sekolah juga membuat tata tertib dan peraturan yang telah disepakati bersama. Dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan pembina menekankan nilai karater melalui sikap toleransi diantaranya, mengajarkan sikap berlapang dada dalam menerima semua perbedaan, karena perbedaan adalah Rahmat Allah SWT, sikap tidak membeda-bedakan (mendiskriminasi) teman yang berbeda keyakinan, sikap tidak memaksakan orang lain dalam hal keyakinan (agama), sikap memberikan kebebasan orang lain untuk memilih keyakinan (agama), sikap tidak mengganggu orang lain memperlihatkan adanya pengaruh pendidikan karakter toleransi terhadap karakter toleransi siswa model pembelajaran secara aktif yang memungkinkan siswa untuk bersikap toleransi seperti pembelajaran secara berkelompok, implementasi melalui kegiatan pembiasaan, kemudian implementasi melalui kegiatan kepramukaan yaitu tedapat pada dasa dharma pramuka serta materi kepramukaan lainnya seperti tali-temali, pioneering, perkemahan, semaphore, upacara, dan permainan kelompok. Faktor pendukung pendidikan kepramukaan karakter toleransi melalui kegiatan kepramukaan adalah faktor yang berasal dari motivasi dan dukungan pembina kepramukaan serta kemauan dari siswa itu sendiri, komitmen bersama dan fasilitas pendidikan yang mendukung. Baik fasilitas dari sekolah itu sendiri maupun pembelajaran yang ada di sekolah. Faktor penghambat pendidikan karakter toleransi melalui kegiatan kepramukaan adalah faktor yang berasal dari latar belakang siswa yang berbeda, kurang kesadaran dari siswa akan kegiatan kepramukaan, peraturan sekolah dan lingkungan atau pergaulan siswa. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pramuka, Toleransi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: times new roman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 04 Oct 2021 23:19
Last Modified: 15 Nov 2021 04:00
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8192

Actions (login required)

View Item View Item