IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SOFT SKILL DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 4 BETON PONOROGO

Afiqi Ridhalloh, Muhammad (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SOFT SKILL DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 4 BETON PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
1.pdf

Download (48kB)
[img] Text (cover dan halaman depan)
COVER DAN HALAMAN DEPAN Afiqi.pdf

Download (784kB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI BAB 1 AFIQI.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB II)
SKRIPSI BAB 2 AFIQI.pdf

Download (484kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI BAB 3 AFIQI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB 4 AFIQI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB 5 AFIQI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text (Lampiran Belakang)
LAMPIRAN SKRIPSI AFIQI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1.pdf

Download (48kB)
[img] Text
1.pdf

Download (48kB)
[img] Text
1.pdf

Download (48kB)

Abstract

Muhammad Afiqi Ridhalloh. 2021. Implementasi Pendidikan Soft Skill Dalam Membentuk Kemandirian Peserta Didik Di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo. Skripsi Program Strata Satu (S-1), Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (1) Katni M.Pd.I, (2) Aldo Redho Syam M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi pendidikan, soft skill, kemandirian peserta didik. Implementasi pendidikan soft skill dalam membentuk kemandirian peserta didik merupakan sebuah rancangan pelaksanaan pembelajaran dalam proses pembentukan dan peningkatan kreatifitas dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik. Implementasi pendidikan soft skill dalam kemandirian peserta didik di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo ini merupakan serangkaian kegiatan berupa perencanaan yang ada di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo. Penerapan pendidikan yang berperan secara tertip dengan ketertiban pikah lain, seperti keluarga, lembaga, organisasi dan juga masyarakat sangatlah penting dalam upaya pembentukan integritas yang dikerjakan dari setiap langkah rancangan pendidikan soft skill, karena pendidikan soft skill ini sangat di butuhkan bagi semua pihak untuk dijadikan sebagai wujud pengabdian dan juga keteladanan disekitar lingkunganya, walaupun ada sebagian faktor penghambat didalam proses pembentukan dan peningkatan pendidikan soft skill di MA Muahmmadiyah 4 Beton Ponorogo kegiatan pembentukan dan peningkatan pendidikan soft skill dalam membentuk kemandirian peserta didik tetap berjalan dengan faktor pendukung yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) implementasi pendidikan soft skill dalam pembentuk kemandirian peserta didik di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo ;(2)Hasil implementasi pendidikan soft skill dalam membentuk kemandirian peserta didik di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo dalam membentuk dan meningkatkan keterampilan dan kreatifitas serta mendapatkan ilmu dari luar pembelejaran; (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan soft skill dalam membentuk kemandirian peserta didik di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo Metode penelitian yang digunakan dalam penelitain ini adalah metode deskriptif kualitatif dan dalam proses pengumpulan datanya dilakukan dengan proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis pembahasan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpilan, sedangkan teknik keapsahan data, peneliti melakukan uji kredibilitas data dengan menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triagulasi, dan member check. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Implementasi pendidikan soft skill dalam pembentukan kemandirian peserta didik di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo yaitu proses pembelajaran dari dalam jiwa peserta didik dan di kembangkan menjadi sebuah potensi yang dapat dimanfaatkan dan di gunakan dikemudiah hari ,yang dimana melatih kemandirian dalam proses meraih kesuksesan; (2) Hasil implementasi pendiidkan soft skill dalam membentuk kemandirian peserta didik di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogoa adalah peserta didik menjadi siswa yang mandiri, dan terampil serta mendapatkan sebuah ilmu dari luar pembelajaran seperti publik speaking, kewirausahaan, ketekunan, kepemimpinan dan dapat menjadi pribadi yang baik untuk masa depanya nanti. (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan soft skill dalam membentuk kemandirian peserta didik di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo adalah (1) Faktor penghambat seperti pengelolaan waktu yang kurang tepat (2) faktor pendukung seperti adanya kerjasama yang baik dari pihak lembaga dengan lingkungan sekitar dan juga kerjasama antar peserta didik dengan lembaga untuk memenuhi sarana dan prasarana yang perlu dibutuhkan untuk proses kegiatan pembentukan soft skill di MA Muhammadiyah 4 Beton Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi pendidikan, soft skill, kemandirian peserta didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:22
Last Modified: 15 Nov 2021 04:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8200

Actions (login required)

View Item View Item