Fitriansyah, Iqbal (2021) PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAAM MEMBANGUN IDEOLOGI DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Upload.pdf Download (58kB) |
|
Text (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
Bab 1.pdf Download (502kB) |
|
Text (Bab II)
Bab 2.pdf Download (644kB) |
|
Text (Bab III)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text (Bab IV)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
|
Text (Bab V)
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (487kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Iqbal Fitriansyah. 2021. Peran Kepemimpinan Pendidikan Dalam membangun Ideologi Di Pondok Pesantren Darul Falah. Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (1) Dr. H. Nurul Iman, Lc, M.Hi dan Pembimbing (II) Azid Syukrani, M.Pd.I. Kata Kunci: Kepemimpinan Pendidikan, Ideologi Pesantren. Kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting dalam membangun ideologi pendidikan di pondok pesantren Darul Falah Ponorogo. Lembaga pendidikan Islam atau pesantren didalamnya memiliki asas yang mendasari jalannya pendidikan, asas tersebut adalah ideologi pendidikan. Pentingnya ideologi pendidikan di pondok pesantren Darul Falah adalah sebagai landasan perjuangan dalam mengembangkan pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini, pertama, mendeskripsiskan peran kepemiminan pendidikan dalam membangun ideologi pendidikan, kedua, mendeskripsiskan tentang Ideologi pendidikan yang dibangun di pondok pesantren Darul Falah Ponorogo. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data, serta diabsahkan menggunakan trianggulasi data. Semuanya untuk menjawab peran kepemimpinan pendidikan dalam membangun ideologi di pondok pesantren Darul Falah Ponorogo. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa temuan tentang ideologi pendidikan yang dibangun. 1. Ideologi yang di bangun di pondok pesantren Darul Falah adalah ideologi pendidikan moderat dengan berpegang teguh pada kaidah pendidikan yang sudah digaris besarkan oleh pendiri sejak awal berdirinya pesantren. Kaidah tersebut adalah “Al-muhafadhotu ala qodimis sholih wal akhdu bi jadidil aslah” yang artinya (memelihara budaya-budaya klasik yang baik dan mengambil budaya baru yang kontruktif), dengan begitu Darul Falah berkembang mengikuti perkembangan zaman, kurikulum yang digunakan memadukan antara salafiyah dan modern. Nilai-nilai pendidikan yang di tanamkan adalah Panca Jiwa Pondok, diantaranya : Keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah islamiyah, bebas. 2. Peran kepemimpinan pendidikan tertinggi di pondok pesantren Darul Falah adalah Kyai yang menjadi Ketua Yayasan dan membawahi Direktur KMI. Ada 4 dimensi kepemimpinan Kyai, diantaranya : pemimpin masyarakat, pemimpin keilmuan, pemimpin kerohanian, dan pemimpin administrasi. Secara struktural Pimpinan pendidikan saling bekerjasama dalam membangun ideologi pendidikan pesantren, ada beberapa proses kepemimpinan pendidikan dalam menjalankan amanah dalam membangun ideologi pendidikan pesantren, diantaranya : instruksi, konsultasi, partisipasi, dan pengendalian.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 05:04 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 07:03 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8204 |
Actions (login required)
View Item |