Mualifatul, Ulfa (2021) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWI KELAS VIII PONDOK PESANTREN AL IMAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
bab I.pdf Download (665kB) |
|
Text (BAB II)
bab II.pdf Download (688kB) |
|
Text (BAB III)
bab III.pdf Download (733kB) |
|
Text (BAB IV)
bab IV.pdf Download (707kB) |
|
Text (BAB V)
bab V.pdf Download (548kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf Download (606kB) |
|
Text (Materi Pola Bilangan)
MPB.pdf Download (705kB) |
|
Text (Rencana Perangkat Pembelajaran)
rpp.pdf Download (645kB) |
|
Text (Lembar Observasi)
LO.pdf Download (374kB) |
|
Text (Angket Siswa)
AS.pdf Download (3MB) |
|
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
surat persetujuan unggah karya ilmiah(1).pdf Download (239kB) |
Abstract
ABSTRAK Ulfa Mualifatul Khoiriyah. Implementasi Metode Sorogan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswi Kelas VIII Pondok Pesantren Al Iman Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing Dr. Sumaji, M.Pd Permasalahan penelitian ini adalah ketercapaian materi kurang tuntas dan kemampuan pemahaman konsep siswa kurang baik. Beberapa penyebabnya adalah waktu pembelajaran terbatas dan metode pembelajaran yang diterapkan tidak menjadi solusi. Hal ini mengakibatkan siswa tidak termotivasi untuk belajar di kelas yang berdampak pada rendahnya pemahaman konsep matematika siswa. Hal inilah yang mendorong peneliti melakukan penelitian pada kelas VIII A dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan metode sorogan dengan menggunakan media LKS. Dan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode sorogan yang tepat digunakan pondok pesantren Al Iman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan menggunakan metode sorogan dalam proses pembelajarannya. Adapun langkah-langkah penerapan metode sorogan yaitu; a) Siswa terbagi atas 4-5 siwsa disetiap kelompok, b) Pembagian LKS sebagai bahan diskusi kelompok sebelum pembelajaran dilaksanakan, c) Menyorogkan hasil diskusi kelompok kepada guru bertujuan untuk evaluasi dari kesalaahan atau kekurangan dalam pemahaaman, d) Pemberian tugas untuk setiap individu, e) Menyorongan tugas individu kepada guru bersama kelompok. Hasil dari penelitian diperoleh jumlah skor dalam dua siklus mengalami peningkatan dan ketercapaian dari indikator keberhasilannya tercapai. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Disimpulkan bahwa penerapan metode sorogan menggunakan LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A MTsS Al Iman tahun pelajaran 2021/2022. Kata-kata kunci: metode sorogan, media LKS, pemahaman konsep matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode sorogan, media LKS, pemahaman konsep matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 04:05 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 04:05 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8256 |
Actions (login required)
View Item |