STRATEGI GURU DALAM MENJAGA MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

HOMSATUN, HOMSATUN (2021) STRATEGI GURU DALAM MENJAGA MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. STRATEGI GURU DALAM MENJAGA MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIYAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (529kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (353kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text (RIWAYAT HIDUP)
Riwayat Hidup.pdf

Download (232kB)

Abstract

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, pola pendidikan di Indonesia menjadi berubah drastis. Mengikuti kebijakan dari pemerintah bahwa pembelajaran saat ini hanya bisa dilakukan secara daring ataupun luring saja. Keadaan ini tentu saja memberikan dampak pada kualitas pembelajaran, siswa dan guru yang sebelumnya berinteraksi secara langsung dalam ruang kelas sekarang harus berinteraksi dalam ruang virtual yang terbatas. Kondisi ini menyebabkan motivasi belajar siswa dapat menurun bahkan mempengaruhi hasil belajar siswa. Guru dituntut memberikan pengajaran yang baik, menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dan secara kreatif dan inovatif menggunakan media belajar yang menarik agar siswa dapat memahami materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di masa pandemic .2) Untuk mengetahui strategi guru dalam menjaga motivasi belajar siswa di masa pandemi di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. 3) Untuk mengetahui Apa saja faktor pendukung dan penghambat stategi guru dalam menjaga motivasi belajar siswa di masa pandemi di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dimasa pandemi di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo mengalami penurunan. Maka dari itu guru di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo menggunakan beberapa macam strategi dalam menjaga motivasi belajar siswa yaitu menyampaikan materi dengan media yang beragam, memberikan tugas yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa, dan memberikan reward berupa skor penambahan nilai. Kemudian, ada beberapa faktor pendukung yang dapat menjaga motivasi belajar siswa di masa pandemi yakni kesadaran siswa, keterlibatan orang tua, layanan BK berupa voice note kata-kata motivasi, serta sarana prasarana yang disediakan oleh sekolah seperti kuota internet. Adapun faktor penghambat yang ditemukan guru dalam menjaga motivasi belajar siswa adalah berkurangnya minat belajar siswa, kurangnya dukungan dari orang tua, dan terkendalanya sinyal selama pembelajaran jarak jauh

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 05 Oct 2021 05:38
Last Modified: 15 Nov 2021 03:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8283

Actions (login required)

View Item View Item