PENGARUH TAHFIDZUL QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN PUTRI WALI SONGO NGABAR PONOROGO

MUDRIKAH, SITI (2021) PENGARUH TAHFIDZUL QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN PUTRI WALI SONGO NGABAR PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (280kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (885kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (732kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf

Download (918kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (408kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Mudrikah, 2021. Pengaruh Tahfidzul Qur’an dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab di Pondok Pesantren Putri Wali Songo Ngabar Ponorogo. Tesis. Program Strata 2 (S-2), Magister pedidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Dr. M. Miftahul Ulum, M. Ag (II) Dr. Nuraini, M. Pd. I Kata Kunci: Tahfidzul Qur’an, Motivasi Belajar, Hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh tahfidzul Qur’an terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab di Pondok Pesantren Putri Wali Songo Ngabar, Ponorogo. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab di Pondok Pesantren Putri Wali Songo Ngabar, Ponorogo. (3) Mengetahui Seberapa Besar Pengaruh Tahfidzul Qur’an dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab di Pondok Pesantren Putri Wali Songo Ngabar, Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, yaitu penelitiann yang menggunakan angka dalam pengumpulan data dan menampilkan hasilnya. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat objektif, yang mencakup pengumpulan dan analisis data kuantitatif serta menggunakan metode pengujian statistik. Dimana pengambilan datanya dengan penyebaran angket, dan dokumentasi hasil nilai akhir pelajaran Bahasa Arab semester genap pada santriwati Pondok Pesantren Putri Wali Songo Ngabar Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena seluruh populasi sekaligus menjadi sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil semua santriwati kelas Tahfidul Qur’an Pondok Pesantren Putri Wali Songo Ngabar, Ponorogo yang berjumlah 32 santriwati. Adapun hasil dari data penelitian yang telah didapat ini dianalisis dengan analisi pruduct moment, menunjukan adanya hubungan positif antara tahfidzul Qur’an dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Arab santriwati Pondok Pesantren Putri Wali Songo Ngabar, Ponorogo. Pengujian hepotesis menunjukan bahwa: (1) Tahfidzul Qur’an secara persial berpengaruh positif dan siknifikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab santriwati dengan presentase sebesar 65,9% sedangkan yang selebihnya sebesar 34,1% dipengaruhi oleh factor yang lain. (2) Motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab santriwati dengan presentase sebesar 18,9% sedangkan yang selebihnya sebesar 81,1 % depengaruhi oleh factor yang lain. (3) Tahfidzul Qur’an dan motivasi belajar memiliki hubungan positif, dan signifikan secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Arab santriwati Pondok Pesantren Putri Wali Songo Ngabar Ponorogo dengan presentase sebesar 17,5%, sedangkan 82,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: tahfidz qur'an, motivasi, hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:17
Last Modified: 16 Nov 2021 02:21
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item View Item