Retna Asih, Mutia (2021) PENGARUH PENGGUNAAN ZOOM MEETING DAN YOUTUBE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS IV SDMT PONOROGO SELAMA PANDEMI COVID-19. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (303kB) |
|
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (928kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (271kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (472kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
MUTIA RETNA ASIH: Pengaruh Penggunaan Zoom Meeting Dan Youtube terhadap Peningkatan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IV SDMT Ponorogo Selama Pandemi Covid-19. Tesis, Ponorogo: Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Ponorogo 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang memperoleh perlakuan media pembelajaran Zoom Meeting dengan siswa yang mendapat perlakuan media pembelajaran Youtube. Penelitian ini dilakukan karena pentingnya hasil belajar siswa untuk mengukur sejauh mana keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Guna meningkatkan hasil belajar siswa tersebut maka salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran. Untuk itu, peneliti akan menjelaskan perbedaan dua media pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo yang terdiri dari lima kelas. Kelas IV Al-Bayan dan IV Al-Busyro dipilih sebagai sampel penelitian. Kelas IV Al-Bayan diberi perlakuan media pembelajaran Zoom Meeting dan kelas dan IV Al-Busyro diberi perlakuan media pembelajaran Youtube. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan unuk menganalisis hasil tes adalah dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0.05. Uji-t nilai pretest-posttest pada kelas Zoom Meeting dengan sampel bebas menunjukkan nilai P_value sebesar 0.003. nilai ini lebih kecil dari nilai α = 0.05 dengan kata lain P_value < α sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan media pembelajaran Zoom Meeting. Uji-t nilai pretest-posttest pada kelas Youtube dengan sampel bebas menunjukkan nilai P_value sebesar 0.000. Nilai ini lebih kecil dari nilai α = 0.05 dengan kata lain P_value < α sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan media pembelajaran Youtube. Uji hipotesis nilai posttest hasil belajar siswa dengan uji-t sampel bebas menunjukkan nilai P_value sebesar 0.511. nilai ini lebih besar dari nilai α = 0.05 dengan kata lain P_value > α sehingga H0 diterima. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memperoleh perlakuan media pembelajaran Zoom Meeting dengan siswa yang mendapat perlakuan media pembelajaran Youtube. Kata Kunci: Zoom Meeting, Youtube, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Zoom Meeting, Youtube, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 02:24 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:19 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8309 |
Actions (login required)
View Item |