HANDAYANI, FERIKA (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 BULUKERTO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
ABSTRAK n COVER daftar isi.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
Text
BAB IV - V.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: TTW, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Berdasarkan hasil observasi di dalam kelas dan wawancara dengan guru matematika kelas VIIIB SMP Negeri 1 Bulukerto, diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas VIIIB tergolong rendah sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Bulukerto sebanyak 28 siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa melalui strategi think talk write bagi siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Bulukerto. Untuk tindakan pembelajaran ada dua siklus dimana masing-masing siklus meliputi planning, acting, observasing, reflekting. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi belajar, lembar pengamatan aktivitas guru, tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agar pembelajaran dengan strategi think talk write dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dilaksanakan melalui tahap-tahap berikut ini; (1) tahap think (berpikir), bagaimana siswa memikirkan kemungkinan jawaban atau langkah penyelesaian, (2) tahap talk (berbicara), bagaimana mengkomunikasikan atau berdiskusi dalam kelompok, (3) tahap write (menulis), bagaimana mengungkapkan dalam tulisan. Teknik analisis data dalam hasil tes menggunakan teknik analisis data deskriptif, membandingkan nilai antar siklus dengan indikator yaitu rata-rata hasil belajar 73,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang sebelumnya masih kategori cukup meningkat menjadi kategori baik. Hasil belajar siswa mulai meningkat dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Siklus I diperoleh rata-rata 72,89. Siklus II diperoleh rata-rata 81,64. Karena indikator kinerja rata-rata hasil belajar 73,00 sudah tercapai, maka penelitian berhenti pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 03:50 |
Last Modified: | 15 Jan 2015 03:50 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/832 |
Actions (login required)
View Item |