UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALITY, REPETITION) PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XC MAN 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2013/2014

SHOFAUDDIN FAHMI, JATU (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALITY, REPETITION) PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XC MAN 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (800kB) | Preview
[img] Text
BAB I-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB V - Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Motivasi, AIR ( Auditory, Intellectuality, Repetition ) Pembelajaran dengan menggunakan metode AIR ( Auditory, Intellectuality, Repetition ) merupakan salah satu pendekatan Group investigation dalam pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan meningkatkan perolehan hasil akademik. Tipe pembelajaran ini dimaksudkan sebagai alternatif terhadap model pembelajaran kelas tradisional dan menghendaki siswa saling membantu dalam kelompok kecil dan lebih dicirikan oleh penghargaan kooperatif dari pada individu. Hasil observasi awal yang dilakukan di Kelas XC MAN 1 Ponorogo proses pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah dan siswa masih terlihat pasif dalam mengikuti pelajaran serta prestasi belajar siswa masih kurang. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang dapat membuat situasi berbeda di dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang dimaksud yaitu metode AIR ( Auditory, Intellectuality, Repetition ). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XC MAN 1 Ponorogo dengan jumlah siswa 21 siswa. Pokok bahasan yang digunakan adalah pokok bahasan menganalisis substansi konstitusi negara, hubungan dasar Negara dengan konstitusi. Tujuan penelitian ini adalah agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XC MAN 1 Ponorogo. Berdasarkan prosentase frekuensi partipasi belajar siswa dengan kategori Motivasi siswa pada siklus I mendapat hasil nilai rata-rata 69 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 76,9. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode AIR ( Auditory, Intellectuality, Repetition ) dapat meningkatkan pemahaman Siswa Kelas XC MAN 1 Ponorogo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 15 Jan 2015 04:08
Last Modified: 15 Jan 2015 04:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item